Saat kaum ibu praktik membuat batik ecoprint. (Istimewa)

berita.depok.go.id-Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) Kota Depok memberikan pelatihan kerajinan tangan di lokasi khusus (lokus) Peningkatan Peran Wanita menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (P2WKSS) Kelurahan Leuwinanggung. Pelatihan dimaksudkan untuk memberi keterampilan tangan kepada ibu-ibu agar bisa menghasilkan karya yang bernilai ekonomis.

Kepala DKUM Kota Depok, Mohammad Fitriawan mengatakan, pelatihan itu berlangsung selama dua hari dari tanggal 14-15 Desember 2020. Dalam pelatihan, para ibu diberikan sejumlah keterampilan, di antaranya membuat batik ecoprint dan pembuatan tas jinjing atau tote bag. 

"Para ibu kami beri keterampilan agar bisa menghasilkan karya kerajinan tangan yang bernilai ekonomis dari bahan yang sederhana dan mudah ditemukan," tuturnya kepada berita.depok.go.id, Selasa (15/12/20).

Dia menjelasakan, ecoprint merupakan teknik untuk mencetak dan mewarnai, bisa pada kain, kulit, kertas, dan lain lain. Dengan catatan di bahan-bahan yang alami berbasis tumbuhan.

"Semoga dengan pelatihan ini ibu-ibu memiliki keterampilan membuat karya yang unik dan menarik. Agar nantinya produk mereka disenangi masyarakat," pungkasnya. (JD 09/ED02/EUD02)

YOUR REACTION?