Pelatihan desain grafis yang diselenggarakan oleh Disnaker Kota Depok, di Aula Sekarpeni, Rabu (04/03/20). (Foto : JD01/Diskominfo)

berita.depok.go.id-Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Depok berkomitmen untuk terus mencetak generasi berkualitas, melalui pelatihan yang disediakan. Hal ini dilakukan seiring perkembangan zaman dan kebutuhan di dunia usaha maupun kerja.

“Saat ini kita sudah masuk industri 4.0 dan memacu kita untuk terus meningkatkan kapasitas usia produktif. Pelatihan yang kerap kita lakukan juga bertujuan untuk mencetak generasi berkualitas. Arahnya sudah mulai ke sana,” ujar Kepala Disnaker Kota Depok, Manto, di ruang kerjanya, Selasa (10/03/20).

Dia menyebutkan, terdapat beberapa jenis pelatihan yang rutin dilaksanakan. Antara lain, pelatihan perbengkelan, pelatihan desain grafis, pelatihan tata boga, tata busana, pelatihan komputer, pelatihan service AC dan lain-lain.

“Pelatihan yang dilakukan lebih kepada penyesuaian kebutuhan di lapangan. Misalnya pelatihan desain grafis. Saat ini perkembangan usaha properti sedang melejit, yang mana membutuhan tenaga terampil untuk mendesain bangunan tiga dimensi. Kami sediakan pelatihan itu, sebagai bekal,” terangnya.

Tidak hanya itu, lanjut Manto, pihaknya akan memberikan rekomendasi kepada perusahaan di Kota Depok bagi peserta yang telah mengikuti pelatihan dan mendapatkan sertifikat. Semua itu guna mempermudah mereka memperoleh pekerjaan.

“Setelah pelatihan usai, mereka tetap kita dampingi dan monitoring sampai mereka bisa mandiri secara ekonomi. Baik bekerja pada perusahaan maupun berwirausaha,” tutupnya. (JD 08/ED 01/EUD 02)

YOUR REACTION?