Kepala Disnaker Kota Depok, Manto. (Foto : Istimewa)

berita.depok.go.id-Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Depok mengusulkan sebanyak 2.522 pekerja yang dirumahkan dan terkena PHK akibat pandemi Covid-19 untuk diikutsertakan dalam Program Kartu Prakerja. Usulan ini disampaikan langsung kepada pemerintah pusat.

“Dalam Program Kartu Prakerja tahap empat, kami ajukan usulan kurang lebih 2.522 pekerja terdampak Covid-19 dari 127 perusahaan di Kota Depok. 374 orang merupakan pekerja yang ter-PHK, sisanya pekerja yang dirumahkan. Nantinya, data ini akan diverifikasi lagi oleh Kementerian Ketenagakerjaan RI,” ujar Kepala Disnaker Kota Depok, Manto, di ruang kerjanya, Jumat (14/08/20).

Dikatakannya, untuk tahap empat ini, pemerintah pusat akan mengutamakan daerah yang telah mengusulkan. Hal ini berdasarkan evaluasi dari tahapan sebelumnya.

“Memang sempat terhenti, karena pemerintah pusat sedang mengevaluasi. Usulan masing-masing daerah akan jadi prioritas pada tahap ke empat ini, dalam Program Kartu Prakerja,” terangnya.

Dirinya berharap, pekerja yang telah diusulkan masing-masing daerah, bisa mendapatkan haknya. Sebagaimana yang tercantum dalam program tersebut bahwa Kartu Prakerja diperuntukkan bagi pencari kerja, pekerja ter-PHK dan pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi.

“Mudah-mudahan pekerja terdampak ekonomi, khususnya di Kota Depok, bisa mendapatkan haknya. Dengan begitu bisa meningkatkan kompetensi dan mendapatkan insentif sesuai kemampuannya,” tutupnya. (JD 08/ED 01/EUD02)

YOUR REACTION?