Disnaker Kota Depok menggelar kegiatan Bimtek LPK di Hotel Santika, Selasa (10/11/20). (Foto JD 08/Diskominfo).

berita.depok.go.id-Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Depok saat ini tengah menyusun program agar Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) bisa bekerjasama dengan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Hal ini bertujuan untuk membekali keterampilan siswa SMK sebelum mereka lulus.

“Sedang kami rencanakan agar LPK bisa bekerjasama dengan SMK dalam hal pelatihan keterampilan untuk siswa. Kami juga terus mendorong dan mengupayakan,” ujar Kepala Disnaker Kota Depok, Manto, di ruang kerjanya, Rabu (11/11/20).

Dikatakannya, hal ini perlu dilakukan guna mempersiapkan siswa sebelum masuk ke dunia kerja. Dengan harapan, mereka sudah memiliki keterampilan dan siap bersaing dengan pencari kerja lainnya.

“Kami akan koordinasi dengan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat yang menaungi SMK di Kota Depok. Selain itu, komunikasi dengan perusahaan juga perlu dilakukan untuk tahu formasi atau kriteria pekerja yang dibutuhkan perusahaan,” jelasnya.

Manto berharap, upaya ini bisa menekan angka pengangguran di Kota Depok. Terutama, dari lulusan SMK.

“Jika rencana ini sudah terealisasi, lulusan SMK bisa bersaing di kotanya sendiri. Tidak harus ke daerah ataupun wilayah lain. Karena memang mayoritas tenaga kerja di Kota Depok merupakan tamatan SMK atau SLTA,” tutupnya. (JD 08/ED 01/EUD02)

YOUR REACTION?