Kepala Diskominfo Kota Depok, Sidik Mulyono. (Foto : JD03/Diskominfo)

berita.depok.go.id- Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok, Sidik Mulyono mengatakan, pihaknya siap  mendukung pengembangan infrastruktur jaringan aplikasi untuk Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Diskdukcapil) Kota Depok.  Semua itu demi terwujudnya Depok Satu Data.

“Disdukcapil sebagai produsen data dapat bekerjasama dengan kita dalam mewujudkan Depok Satu Data. Begitu juga dengan pengembangan jaringan yang telah ada yakni  aplikasi Sistem Informasi Layanan Online (SILO),” ujarnya, usai menjadi narasumber dalam Forum Penyusunan Rencana Kerja Disdukcapil Kota Depok, di Hotel Savero Senin (17/02/2020).

Dirinya menjelaskan, pihaknya telah membuat aplikasi SILO yang di dalamnya terdapat menu untuk permohonan dokumen kependudukan. Ke depan, aplikasi ini akan  terus dimutakhirkan.

“Di dalam SILO ini ada 20 menu pelayanan.  Misalnya, pembuatan e-KTP dan Kartu Keluarga (KK). Termasuk, Kartu Identitas Anak akan kita masukan ke dalam aplikasi ini,” jelasnya.

Meski demikian, dirinya mengungkapkan,  hingga saat ini aplikasi SILO belum termanfaatkan secara optimal di setiap kelurahan. Untuk itu,  ke depan koordinasi akan lebih ditingkatkan agar pelayanan dokumen kependudukan semakin mudah.

“Harapan kami tentunya akan terciptanya satu data karena data adalah kekuatan. Semua perencanaan pembangunan bersumber dari data. Begitu juga dengan penggunaan aplikasi ini, agar SDM yang ada segera disiapkan,” tutupnya. (JD 03/ED 01/EUD 02)

YOUR REACTION?