Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Diskominfo Kota Depok, Nasrudin saat memberikan sosialisasi internet sehat di aula kantor Kelurahan Pangkalan Jati Baru, Senin (20/06). (Foto : istimewa)

berita.depok.go.id - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok memberikan sosialisasi internet sehat kepada warga di Kelurahan Pangkalan Jati Baru, Kecamatan Cinere, kemarin (20/06).  Sosialisasi bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada warga agar bisa menggunakan internet secara bijak.

"Internet sehat bertujuan untuk mengoptimalkan aspek positif dari internet itu sendiri serta meminimalisir dampak negatifnya," ujar Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfo Kota Depok, Nasrudin kepada berita.depok.go.id, Selasa (21/06/2022).

Dirinya mengungkapkan, batas waktu seseorang mengakses internet adalah tiga jam dalam sehari. Jika berlebihan, maka akan menyebabkan dampak negatif bagi dirinya sendiri.

"Dampak yang akan muncul adalah susah tidur, tidak semangat belajar maupun bekerja dan asyik dengan dunia sendiri dengan gadget," tuturnya.

Dijelaskannya, internet memiliki sisi baik dan buruk bagi penggunanya. Sisi baiknya ialah sebagai media belajar bagi anak-anak di rumah, baik melalui website gratis maupun berbayar dan bisa dijadikan sebagai media untuk berbisnis dan pemasaran online.

"Sementara sisi buruk dari penggunaan internet ialah dapat dijadikan sebagai media untuk melakukan kejahatan. Seperti, pencurian identitas, perundungan atau bullying, phising, hacking dan pornografi," jelasnya.

Maka dari itu, dirinya  berpesan kepada orang tua agar selalu mengawasi anak-anaknya dalam menggunakan internet. Salah satunya dengan mengecek berbagai konten yang diakses oleh mereka.

"Anak-anak juga harus diberikan edukasi tentang dampak negatif dari internet dan koridor hukum yang mengatur aktivitas di dunia maya sesuai dengan UU No. 11 Tahun 2008 tentang informasi transaksi elektronik," tutupnya. (JD 10/ED 01/EUD02)

YOUR REACTION?