Puluhan warga Kampung Keluarga Berkualitas (KB) Bunanda RW 06 Kelurahan Krukut  diberikan pembinaan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Depok di Aula Kelurahan Krukut, Selasa (28/06/22). Pembinaan diberikan juga oleh pembinaan  oleh Diskominfo, BNN Depok dan Diskarpus Depok. (Foto : Diskominfo)

berita.depok.go.id - Puluhan warga Kampung Keluarga Berkualitas (KB) Bunanda RW 06 di Kelurahan Krukut  diberikan pembinaan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Depok di aula kantor Kelurahan Krukut, Selasa (28/06/22). Salah satu narasumber yang mengisi pembinaan tersebut ialah Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskomnfo) Kota Depok.

Narasumber Pembinaan Kampung KB Bunanda RW 06 dari Diskominfo Depok, Rita Nurlita menjelaskan, Diskominfo merupakan salah satu Pentahelix dalam pembinaan Kampung KB. Pembinaan dilakukan agar Kampung KB Bunanda RW 06 di Krukut dapat semakin berdaya.

“Kampung KB percontohan ini ada satu di masing-masing kecamatan se-Kota Depok, sehingga jumlahnya 11. Kali ini pembinaannya di Krukut, pembinaan dilakukan oleh Diskominfo, Diskarpus dan BNN Depok,” ucap Rita kepada berita.depok.go.id, usai kegiatan pembinaan.

Dikatakan Rita, untuk pembinaan kali ini dirinya memberikan pemahaman tentang internet sehat atau cerdas bermedia sosial di era digital. Dengan memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) secara cerdas, kreatif dan produktif untuk menunjang produktivitas kehidupannya.

“Kami ingin Kampung KB percontohan di Kelurahan Krukut mampu memanfaatkan TIK untuk mempersiapkan diri menyambut kehidupan di era digital. Dengan ikut aktif dalam pemberdayaan masyarakat, khususnyaTIK bagi masyarakat untuk mengangkat potensi wilayahnya,” ungkapnya.

Selain itu, sambung Rita, pihaknya juga ingin  masyarakat lebih cerdas memanfaatkan internet dan lebih bijak dalam mengoperasikan media sosial agar terhindar jeratan Undang-undang (UU ) ITE 2008.  Aturan tersebut dapat menjerat setiap orang karena kurang bijak dalam menggunakan media sosial.

“Misalnya termakan berita hoax, menyebarkan tanpa konfirmasi, kemudian juga mengingatkan  untuk berhati-hati dalam berstatus di media sosial. Saya tambahkan sedikit tips juga untuk para peserta dan mereka antusias sekali ,”tambahnya.

Dia menuturkan, Kampung KB di era sekarang tidak hanya terpaku pada satu urusan saja. Namun semua aspek yang dapat mengembangkan wilayahnya, seperti pengetahuan di era digital.

"Materi hari ini juga ada pembinaan literasi dari Diskarpus dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) dan BNN Depok," tutur Rita.

Di tempat yang sama, Lurah Krukut, Tajuddin mengatakan, pembinaan oleh dinas terkait sangat dibutuhkan oleh warga, terutama di Kampung KB RW 06. Pihaknya akan terus mendukung upaya dinas terkait untuk memberdayakan masyarakat.

“Saya apresiasi sekali, semua ini nanti agar Kampung KB RW 06 bisa semakin sejahtera maju di semua aspek. Selain juga bisa di contoh oleh RW lainnya di Kelurahan Krukut,” tutupnya. (JD03/ED02/EUD02)

 

 

YOUR REACTION?