Flyer Diskusi Kebudayaan dan Bedah Buku Milir yang diadakan oleh Diskarpus Kota Depok saat Lebaran Depok. (Foto: istimewa).

berita.depok.go.id - Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diskarpus) Kota Depok ikut ambil bagian dalam rangkaian acara Lebaran Depok yang akan digelar Boulevard perumahan Shila Kecamatan Sawangan pada (03/06) besok. Pada perhelatan tersebut, selain mempersembahkan diskusi kebudayaan, pihaknya berkolaborasi dengan Kumpulan Orang Orang Depok (KOOD) juga menggelar bedah buku yang berjudul Milir.

Kepala Diskarpus Depok, Siti Chaerijah Aurijah mengatakan, buku ini ditulis oleh masyarakat pinggir betawi dari Kampung Parung Bingung, Kecamatan Limo yaitu Syamsul Yakin. Penulis juga merupakan pelaku Milir sejak usia anak-anak hingga remaja.

"Mungkin generasi milenial di Kota Depok asing dengan kata ini, namun bagi orang Depok atau Bekasi yang lahir sebelum 1980 sangat akrab dengan kosa kata Milir. Dengan kegiatan ini buku dan sejarah kata tersebut akan diungkap dan dibedah," tuturnya kepada berita.depok.go.id, Kamis (02/06/22).

Siti menjelaskan, bedah buku dilaksanakan pada 3 Juni 2022 pukul 15.30 WIB hingga selesai. Buku tersebut akan dibedah oleh Sejarawan Universitas Indonesia yang juga merupakan pengamat budaya, JJ. Rizal.

Siti menambahkan,  tak hanya bedah buku, pada hari tersebut juga terdapat kegiatan lain. Di antaranya ada Roawahan, Motong Kebo Andil dan akan dihibur oleh Gambang Kromong. Termasuk, lomba numbuk uli dan menganyam ketupat.

"Ayo rame-rame kita ramaikan Lebaran Depok. Untuk info lebih lanjut dapat menghubungi narahubung di nomor 0819-0823-9669 atau 0813-8134-0412," tandasnya. (JD 09/ED 01/EUD02)

YOUR REACTION?