Bunda Literasi Kota Depok, Elly Farida saat mengikuti webinar Literasi Asyik Depok, Rabu (28/07/21). (Foto: Diskominfo ).

berita.depok.go.id- Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diskarpus) Kota Depok menggelar webinar Literasi Asyik Depok. Acara yang bertemakan Literasi Keluarga dan Optimalisasi Perpustakaan Digital di Masa Pandemi tersebut, turut dihadiri Bunda Literasi Kota Depok, Elly Farida.

Dalam kesempatan tersebut, Bunda Elly, sapaannya, menjelaskan terdapat enam literasi yang perlu diketahui. Yaitu literasi membaca menulis, literasi numerasi, literasi sains, literasi finansial, literasi digital, dan literasi budaya dan kewargaan.

"Seperti yang kita ketahui literasi budaya merupakan kemampuan dalam memahami dan bersikap terhadap kebudayaan Indonesia sebagai identitas bangsa. Sementara itu, literasi kewargaan adalah kemampuan dalam memahami hak dan kewajiban sebagai warga negara," jelasnya, kepada berita.depok.go.id, Rabu (28/07/21).

Selain itu, dirinya juga menyampaikan mengenai cara menumbuhkan minat baca pada anak.  Salah satunya dengan metode ASIK, yaitu Ajak anak memilih buku, Sepakati waktu dan tempat, Yuk sebut dan tunjuk judul buku, penulis dan illustrator.

"I nya adalah interaktif diskusi dua arah, dan K nya adalah konsisten dilakukan setiap hari," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diskarpus) Kota Depok, Siti Chaerijah Aurijah menuturkan,  indeks membaca masyarakat di Kota Depok mengalami peningkatan setiap tahun. Pada 2019 sebesar 64,88 persen dan  2020 menjadi 66,37 persen.

"Angka ini diatas indeks literasi masyarakat Jawa Barat tahun 2020 yang hanya sebesar 61,49 persen," katanya.

Selain itu, tambahnya, koleksi buku Perpustakaan Kota Depok setiap tahunnya
juga mengalami peningkatan. Pada 2019 sebanyak 44.887 eksemplar dan di 2020 bertambah menjadi 47.714 eksemplar.

"Perpustakaan Depok juga dinilai Perpustakaan Nasional sebagai Perpustakaan Daerah Kabupaten/Kota yang maju dan telah terakreditasi oleh Badan Nasional Sertifikasi Perpustakaan Indonesia tahun 2020," jelasnya. (JD12/ED 01/EUD02) 

YOUR REACTION?