berita.depok.go.id-Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok mencanangkan tiga program pokok di tahun 2022. Antara lain program penataan infrastruktur jalan, simpang, transportasi publik serta manajemen lalu lintas (lalin).

 Kepala Dishub Kota Depok, Dadang Wihana mengatakan, program pokok tersebut merupakan hasil dari penelusuran dan evaluasi Dishub. Program itu terfokus kepada penanganan kepadatan lalin.

 “Dishub akan melakukan program yang fisik dan non fisik. Misalnya penyediaan sarana dan prasarana perhubungan dengan melakukan penataan jalan dan simpang," katanya usai Forum Rencana Kerja (Renja) Dishub Depok tahun 2022 secara virtual dan tatap muka di Joglo Nusantara Pengasinan, Sawangan, Selasa (23/02/21). 

Lanjut dia, rencananya penataan akan dilakukan di Jalan Kartini-Citayam dan Jalan Raya Sawangan. Begitu pula penataan di Simpang Sengon dan Simpang Gong Si Bolong.

Dadang menuturkan, pada program prioritas transportasi publik di  2022 bakal dilakukan revitalisasi angkot melalui angkot online dan ber AC. Kemudian, juga pengadaan Bus Rapid Transit dari halte Juanda sampai Mal Margo City. 

“BRT Terminal Terpadu sampai Terminal Jatijajar, Depok sampai Jakarta. Lalu, Bus Margonda Commuter yang bekerja sama dengan Transjakarta dan lainnya,” terangnya.

Program prioritas terakhir, tambah Dadang, adalah manajemen lalin dengan  konsep Joyfull  Traffic Management (Jotram). Dengan mensosialisaikan ketertiban lalin dengan pendekatan seni dan budaya. 

“Pada program manajeman lalin ini juga menargetkan di 2022 seluruh jalan kota memiliki marka dan rambu, mobil patroli terpenuhi dan electronic traffic law enforcement (ETLE) juga terbangun. Kami harap program prioritas ini dapat memecah permalahan di Jalan Margonda dan sekitar. Menjadikan pelayanan transportasi semakin nyaman,” tutupnya. (JD03/ED02/EUD02)

YOUR REACTION?