Kepala Dinas Pendudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), Nuraeni Widayatti (kanan) turun langsung mengecek kegiatan perekaman bagi anak disablitas di SLB Dharma Asih, kemarin (08/04/22). Foto: istimewa).

berita.depok.go.id- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Depok mulai melakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP el) bagi penyandang disabilitas di beberapa sekolah. Perekaman telah dimulai sejak Jumat (08/04).

“Kemarin 21 anak Sekolah Luar Biasa (SLB) Dharma Asih melakukan perekaman. Sedangkan hari ini ada 4 anak yang merekam di SLB Mahardika dan 2 anak SLB Nusantara dan akan terus berlanjut ke sekolah selanjutnya sesuai dengan kesepakatan,” ucap Kepala Dinas Pendudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), Nuraeni Widayatti kepada berita.depok.go.id Sabtu (09/04/22) 

Dirinya menjelaskan, dalam melakukan perekaman KTP el bagi anak penyandang disabiltas membutuhkan kerja sama dengan pihak sekolah dan wali murid. Kendati demikian, petugas Disdukcapil yang melakukan perekaman juga sudah dibekali dengan standar pelayanan kepada para penyandang disabilitas.

“Ada kesulitan tersendiri memang dalam merekam KTP el anak-anak disabilitas, butuh kesabaran ekstra, khususnya pada anak-anak yang kategori disabiltas mental, karena mereka tidak bisa fokus sehingga beberapa tidak berhasil. Akhirnya, kami lakukan perekaman tanpa rekam biometrik yaitu tanpa iris mata dan sidik jari. Hal itu diperkenankan sesuai surat edaran dari Ditjend Dukcapil,” ucapnya kepada berita.depok.go.id Sabtu (09/4/22)

Dirinya menambahkan, rata-rata anak yang melakukan perekaman telah berusia 16 tahun sedangkan bagi yang sudah berusia 17 tahun ke atas, KTP-nya sudah bisa dicetak. Lebih lanjut, sambungnya, upaya jemput bola kepada anak disabilitas merupakan bentuk pemenuhan hak sipil atas dokumen kependudukan yaitu memiliki identitas penduduk.

“Bapak Wali Kota Depok Mohamad Idris berencana akan menyerahkan KTP eL secara simbolis kepada anak-anak disabilitas yang sudah dapat dicetak KTP-nya. Namun Belum terkonfirmasi waktunya kini kami tengah melakukan koordinasi. Mudah-mudahan berjalan dengan lancar kegiatan ini, sebab ini juga dalam rangka penyiapan data untuk sukses Pemilu 2024,” tutupnya. (JD 03/ED 01/EUD02)

YOUR REACTION?