Kegiatan Bimtek implementasi program kesiapan bersekolah di satuan PAUD di Sekolah Cakra Buana, Kecamatan Pancoran Mas, Rabu (27/10/21). Foto: Diskominfo).

berita.depok.go.id- Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok hari ini menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) implementasi program kesiapan bersekolah di satuan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Kegiatan yang diikuti sebanyak 30 peserta ini, sebagai bagian dari upaya penguatan bagi satuan PAUD dan Sekolah Dasar (SD) dalam mengurangi gap atau perbedaan di kedua jenjang pendidikan tersebut.

"Kegiatan ini menjadi penting, karena ada gap antara anak usia dini saat akan memasuki jenjang berikutnya. Maka dari itu, perlu adanya Bimtek untuk pengelola sekolah, guru, organisasi mitra sehingga bisa memahami gap itu," ujar Kepala Disdik Kota Depok, Wijayanto, kepada berita.depok.go.id, usai membuka acara Bimtek implementasi program kesiapan bersekolah di satuan PAUD, di Sekolah Cakra Buana, Kecamatan Pancoran Mas, Rabu (27/10/21).

Dikatakannya, melalui Bimtek yang berlangsung hingga besok (28/10) tersebut, diharapkan gap yang kerap terjadi seperti sosial, mental, psikologis hingga kurikulum dapat terselesaikan. Dengan begitu, anak bisa cepat beradaptasi dengan lingkungan sekolah.

"Kita ingin minimalisir gap tersebut agar jauh lebih baik, sehingga anak-anak bisa beradaptasi dan bisa langsung tune in dengan lingkungan sekolah barunya," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (PAUD DIKMAS), Disdik Kota Depok, Yulia Oktavia mengatakan, penyelesaian masalah gap tersebut harus melibatkan semua pihak. Termasuk pihak sekolah, orang tua siswa, Organisasi Mitra (Ormit), serta komite sebagai perwakilan siswa dan juga saat ini ada Bunda PAUD.

"Tidak bisa oleh bidang PAUD saja, tetapi harus dengan bidang SD, komite yang merupakan perwakilan orang tua juga stakeholder," jelasnya. (JD12/ED 01/EUD02)

YOUR REACTION?