Kepala Disdik Depok, Mohammad Thamrin menyampaikan sambutan, usai doa bersama di lapangan SMP 8 Kota Depok,  Jumat (06/03/20). (istimewa)

berita.depok.go.id-Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok menginstruksikan seluruh sekolah untuk menggelar zikir dan doa bersama. Langkah itu dikeluarkan sebagai salah satu upaya terhindar dari Virus Corona.

"Kami instruksikan kepada seluruh sekolah baik negeri maupun swasta, dari jenjang TK hingga SMP, untuk melaksanakan doa bersama," kata Kepala Disdik Depok, Mohammad Thamrin di Lapangan SMPN 8 Kota Depok, Jumat (06/03/20).

Thamrin menuturkan, berdasarkan laporan yang diinformasikan kepada dirinya, seluruh sekolah melaksanakan kegiatan ini. Pihaknya juga menyebar staf Disdik Depok untuk ke sekolah-sekolah mendampingi kegiatan zikir dan doa bersama.

"Musibah penyebaran Virus Corona ini datangnya dari Allah. Karena itu, dengan kegiatan ini, sebagai upaya kita memasrahkan diri kepada Allah, mudah-mudahan dilindungi dan segera berakhir," tuturnya.

Pada kesempatan itu, Thamrin berpesan agar pelajar dan guru tidak berlebihan dalam merespons virus ini. Selain sudah ditangani dengan baik oleh pemerintah, pencegahan virus ini juga bisa dilakukan dengan meningkatkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

"Misalkan dengan membiasakan diri mencuci tangan dengan sabun sebelum beraktivitas, atau mengkonsumsi makanan bergizi," tuturnya.

Selain itu, dia meminta kepada para guru untuk melakukan pemantauan kepada seluruh anak didiknya. Apabila ditemukan ada siswa yang sakit, segera diperiksa atau dibawa ke puskesmas.

"Mengenai tambahan informasi upaya pencegahan Virus Corona juga, saya minta pada pihak sekolah untuk membuat banner, agar wawasan anak-anak juga semakin bertambah," pungkasnya. (JD 07/ED02)

YOUR REACTION?