Foto: JD 05/Diskominfo

Kepala Disperdagin Kota Depok, Zamrowi Hasan saat melaunching Program Pasar Rakyat Online di Halaman UPTD Pasar Sukatani, Kecamatan Tapos, Selasa (27/10/2020).

berita.depok.go.id - Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kota Depok resmi meluncurkan  Pasar Rakyat Online di lima pasar tradisional yang dikelola pemerintah. Yaitu Pasar Cisalak, Pasar Sukatani, Pasar Tugu, Pasar Agung, dan Pasar Kemiri.

Kepala Disperdagin Kota Depok, Zamrowi Hasan mengatakan, setiap pasar memiliki website resmi yang nantinya dikelola oleh Unit Pengelola Teknis Dinas (UPTD) Pasar tersebut. Hal ini dilakukan untuk mempermudah masyarakat dalam berbelanja di masa pandemi Covid-19.

"Program ini bentuk upaya kami agar warga yang sungkan datang ke pasar dapat belanja online melalui website masing-masing pasar rakyat," katanya kepada  berita.depok.go.id, di UPTD Pasar Sukatani, Kecamatan Tapos, Selasa (27/10/2020).

Dia menuturkan, Pasar Rakyat Online juga merupakan pengembangan dari program belanja online yang sebelumnya telah diberlakukan pada awal masa pandemi Covid-19. Berbeda dengan terdahulu, masyarakat yang ingin berbelanja kebutuhan pokok cukup mengunjungi situs yang telah disediakan.

Zamrowi menyebutkan, terdapat lima situs belanja online yaitu  pasarsukatani.compasarcisalak.compasartugu.compasaragung.com, dan  pasarkemiri.com. Setiap situs ini dikelola oleh operator, yang menjadi penghubung antara pembeli dan penjual.

"Masing-masing pasar ada operator. Pesanan warga akan masuk ke website, lalu barang disiapkan oleh pedagang melalui operator, kemudian dikirim ke pembeli lewat ojek pangkalan," jelasnya.

Zamrowi berharap, program tersebut dapat efektif meningkatkan pendapatan pedagang. Sebab, imbuhnya, di  masa pandemi ini, tingkat kunjungan masyarakat ke pasar dinilai semakin menurun.

"Kami berharap omzet pedagang tetap meningkat dan program ini menjadi solusi masyarakat untuk tetap terpenuhi kebutuhan pokoknya walau di rumah saja," pungkasnya. (JD 05/ED 01/EUD02)

YOUR REACTION?