Dinsos Depok bersama lembaga Zakat Sukses melakukan pemberian bantuan kepada PPKS di Kelurahan Pancoran Mas. (Foto: Istimewa) 

berita.depok.go.id - Dinas Sosial (Dinsos) Kota Depok menyalurkan belasan paket bantuan kepada Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) penyadang disabilitas dan lanjut usia (lansia) Selasa (26/10) kemarin. Paket bantuan tersebut merupakan hasil kerjasama Dinsos dengan Lembaga Zakat Sukses.

Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial, Dinsos Kota Depok, Nita Ita Hernita mengatakan, berbagai upaya dilakukan untuk terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Salah satunya dengan terus memberikan bantuan kepada PPKS terdampak Covid-19. 

“Ada 15 kepala keluarga yang diberikan bantuan sembako. Mereka ada di sekitar Kelurahan Pancoran Mas. Mereka diberikan paket sembako berisi minyak goreng, sarden, susu, mie instan, gula, biskuit dan sebagainya,” kata Nita kepada berita.depok.go.id Rabu (27/10/21). 

Dalam pemberian sembako, ujar Nita, pihaknya juga melakukan pendataan terkait bantuan lainnya yang bisa diberikan. Misalnya dengan perangkat daerah seperti Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok.

“Jika ada anak putus sekolah di dalam penerima bantuan bisa diupayakan agar bisa mengejar paket sekolah. Begitu juga dengan Dinas Kesehatan, karena ada penerima bantuan yang sakit maka agar bisa ditindaklanjuti oleh mereka,” jelasnya. 

Dikatakan Nita, untuk proses memberikan bantuan, ditemukan beberapa PPKS yang memerlukan tindak lanjut dari berbagai perangkat daerah. Terutama permasalahan kesehatan. 

“Kami menemukan ada yang sakit tumor sudah 10 tahun, Anak disabilitas usia 16 tahun yang berada di tempat kurang representatif, kami akan diskusikan dengan lembaga terkait agar dapat menerima bantuan,” ungkapnya. 

Nita menjelaskan, kerjasama dengan berbagai pihak akan terus ditingkatkan baik dengan pemerintah pusat, kementerian serta lembaga zakat. Semuanya agar dapat meringankan warga Depok yang membutuhkan bantuan. 

“Kita ingin terus melakukan hal baik pemberdayaan lansia maupun penyandang disabilitas. Ini menjadi program Dinsos Depok dengan terus mendatangi masyarakat untuk menyukseskan program ini,” tutupnya. (JD03/ED02/EUD02)

YOUR REACTION?