Dinsos Kota Depok menggelar Bimtek Aplikasi SIKS-NG Modul Puskesos-SLRT di Aula Serbaguna, lantai 10, Gedung Dibaleka II, Senin  (21/12/20).

berita.depok.go.id-Dinas Sosial (Dinsos) Kota Depok hari ini menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) terkait aplikasi Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial-Next Generation (SIKS-NG). Kegiatan ini diikuti sebanyak 88 petugas  Sistem Layanan dan Rujukan Terpadu (SLRT).

“Kegiatan hari ini bertujuan untuk memberikan pembekalan kepada para petugas SLRT di Depok dalam menerima pengaduan dan keluhan dari masyarakat. Terutama yang berhubungan dengan masalah kesejahteraan sosial di wilayahnya masing-masing,” Kata Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinsos Kota Depok, Tri Redjeki saat ditemui berita.depok.go.id di Aula Serbaguna, lantai 10, Gedung Dibaleka II, Senin (21/12/20).

Dirinya mengatakan, dalam Bimtek tersebut, para peserta dibekali materi tentang alur pengaduan dan keluhan masyarakat. Selain itu, juga mengenai cara penggunaan aplikasi SIKS-GN sehingga bisa mendukung pelaksanaan tugasnya.

"Bimtek diadakan selama dua hari yaitu 21-22 Desember. Untuk hari pertama dan kedua masing-masing diikuti 44 peserta," ujarnya.

Tri berharap, setelah mengikuti kegiatan ini, para peserta dapat menggunakan aplikasi yang disiapkan oleh kementerian Sosial (Kemensos) RI tersebut. Dengan begitu, bisa memudahkan saat menjalankan tugasnya.

“Semoga mereka juga semakin memahami tugas dan fungsinya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Khususnya di bidang kesejahteraan sosial,” ujarnya.

Sementara itu, Tim Teknis Pemberdayaan Sosial Kemensos RI, Bambang Mulyadi  menjelaskan, Aplikasi SIKS-NG berfungsi untuk membantu mempermudah pendataan keluhan warga miskin dan rentan miskin terhadap program bantuan sosial yang telah diterima. Ataupun pengusulan program bantuan sosial.

“Setelah diberikan materi tentang pengenalan aplikasi SIKS, peserta kemudian diminta untuk praktek menggunakan aplikasi tersebut,” ungkapnya. (JD 10/ED 01/EUD02).

YOUR REACTION?