Wali Kota Depok Mohammad Idris didampingi Kepala Dinas Sosial Asloe'ah Madjri memberikan secara sombolis hibah Rp 50 juta kepada Katar di Kota Depok. (Foto : JD01/Diskominfo)

berita.depok.go.id - Dinas Sosial (Dinsos) Kota Depok menjadi leading sektor dalam pemberian dana hibah Rp 50 juta untuk karang taruna (katar) kelurahan yang ada di Kota Depok. Terdapat tahapan tertentu dalam pencairan dana hibah tersebut. 

Kepala Dinsos Kota Depok, Asloe'ah Madjri menjelaskan, sejak tahun 2021 proses pemberian bantuan dana hibah sudah mulai dilakukan. Katar kelurahan harus mengunggah persyaratan pada situs e-berbagi. Lalu, Dinsos akan melakukan verifikasi berkas. 

“Dari hasil penginputan pada e-berbagi, dari 63 hanya 41 kelurahan yang mengirimkan berkasnya. Kemudian, Dinsos melakukan verfikasi berkas yang ada sejak 4-11 Juni 2021,” kata Luluk, sapaan akrabnya, usai mendampingi Wali Kota Depok Mohammad Idris yang menyerahkan secara simbolis bantuan dana hibah kepada Katar di Aula Teratai Gedung Balai Kota Depok, Rabu (27/07/22).

Lanjut Luluk, Dinsos memiliki tugas memberikan rekomendasi setelah verifikasi data. Kemudian, data tersebut akan diberikan kepada Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kota Depok.

“Setiap katar harus memenuhi ketentuan yang ada, mulai dari legalitas hingga kesekretariatan dan rencana pengembangan ekonomi. Jika semua sudah sesuai, maka langsung diberikan dananya ke rekening katar yang secara simbolis diberikan Bapak Wali Kota Depok hari ini,” ungkapnya. 

Di tempat yang sama, Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial Dinsos Kota Depok, Iqbal Faroid menambahkan, pada 16 Juni 2022, Dinsos juga telah melakukan bimbingan teknis kepada 63 katar se-Kota Depok. Hal itu dilakukan untuk membekali katar dalam penyusunan laporan pertanggungjawaban dana hibah tersebut. 

“Kami membekali para katar agar nanti dapat membuat pelaporan dengan baik. Bagi 41 katar akan disalurkan hari ini. Sedangkan 22 sisanya yang masih dalam proses verifikasi, sehingga diharapkan akan menyusul dalam Anggaran Biaya Tambah (ABT),” tutupnya. (JD03/ED02/EUD)

YOUR REACTION?