Para remaja saat mengikuti pelatihan pelayanan kesehatan peduli remaja secara virtual. (Foto: JD02/Diskominfo)

berita.depok.go.id-Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok menggelar Pelatihan Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja untuk Kader Kesehatan Remaja secara virtual. Pelatihan tersebut diikuti 350 remaja Depok untuk membentuk kader kesehatan sebagai konselor sebaya.

“Kami ajak remaja untuk berkontribusi dalam membantu menyelesaikan permasalahan yang berdampak pada kesehatan, moral, serta kondisi lingkungan yang tidak kondusif,” tutur Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes Kota Depok, May Haryanti kepada berita.depok.go.id, Kamis (29/07/21).

Dikatakannya, pelatihan ini diadakan selama dua hari, 28-29 Juli. Dalam kegiatan, Dinkes mendatangkan beberapa narasumber yang memberikan pemahaman terkait komunikasi, informasi, dan edukasi (KIE) remaja serta teknik konseling pada konselor sebaya.

Menurut May, untuk membantu remaja menyelesaikan masalahnya secara bertanggung jawab, perlu keberpihakan terhadap remaja. Salah satu bentuk kegiatan Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja (PKPR), yang dapat membantu remaja dalam menyelesaikan masalah yang dihadapinya.

Lanjut dia, dengan adanya PKPR tersebut dapat mewujudkan pemahaman, empati dan dukungan kepada remaja melalui konseling kesehatan antar remaja melalui kader kesehatan remaja.

“Sehingga remaja dapat saling berkomunikasi dan memberikan edukasi dengan sebaya,” pungkasnya. (JD02/ED02/EUD02)

YOUR REACTION?