berita.depok.go.id-Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok turut serta menyukseskan pelaksanaan Gebyar Vaksinasi Covid-19 bagi Lanjut Usia (Lansia). Kegiatan yang dimotori oleh Dinkes Provinsi Jawa Barat tersebut dilaksanakan untuk memperingati Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) Tahun 2021.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Kota Depok, Umi Zakiati mengatakan, pelaksanaan vaksin bagi lansia masih terus berlangsung di Kota Depok. Pihaknya sudah menginstruksikan kepada seluruh puskesmas dan rumah sakit (RS) untuk memberikan pelayanan vaksinasi khususnya bagi lansia.

“Vaksinasi Covid-19 masih berlangsung di Kota Depok, termasuk untuk lansia,” tuturnya kepada berita.depok.go.id, Selasa (25/05/21).

Umi menuturkan, vaksinasi Covid-19 saat ini juga terus diberikan untuk tenaga pendidik dan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang merupakan petugas pelayanan kepada masyarakat.

Sementara itu, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Dinkes Kota Depok, May Haryanti mengungkapkan, pihaknya akan terus memberikan informasi kepada masyarakat terkait pelaksanaan vaksinasi Covid-19, khususnya dalan kegiatan Gebyar Vaksinasi Covid-19 bagi lansia. Tentunya sebagai upaya percepatan pelaksanaan vaksinasi sebagai langkah dalam mencegah Covid-19.

“Informasi terus kami sampaikan agar masyarakat mengetahui dan ikut melakukan vaksinasi Covid-19,” ungkapnya. 

May menambahkan, terdapat beberapa kendala lansia dalam mendapatkan vaksinasi. Antara lain keterbatasan informasi bahwa vaksinasi aman sesuai kriteria dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Dan keterbatasan kemampuan fisik, serta mobilitas, sehingga perlu ada pendampingan. 

"Dengan kendala ini, informasi harus terus diberikan dan proses pendaftaran perlu dibantu karena harus melalui aplikasi," tandasnya. (JD02/ED02/EUD02)

YOUR REACTION?