Koordinator Tim Reaksi Cepat (TRC) Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Depok, Merdi Setiawan bersama Traffic Accident Tools (Foto: Diskominfo)

berita.depok.go.id-Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Depok memperkuat peralatannya dengan perangkat traffic accident tools. Peralatan ini berguna untuk menolong dan menyelamatkan warga yang terkena musibah di segala medan.

Menurut Koordinator Tim Reaksi Cepat (TRC) Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Depok, Merdi Setiawan, traffic accident tools ini terdiri dari beberapa fungsi. Untuk alat yang pertama yakni cutter, berfungsi untuk membelah objek. Misalnya, ujarnya, kejadian kecelakaan mobil terdapat korban yang terjepit dengan menggunakan cutter mobil tersebut bisa dipotong oleh petugas TRC.

“Termasuk bila terjadi kecelakan kereta api, dan membutuhkan pemotongan kereta untuk menyelamatkan korban. Alat ini mampu memotong kereta api tersebut. Dibantu juga dengan combi tools yang berfungsi membuka pintu kereta api atau mungkin ada orang yang terjebak di lift,” jelas Merdi kepada berita.depok.go.id usai Forum Rencana Kerja (Renja) Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Depok, Gedung Sasono Mulyo, Kalimulya, Cilodong, belum lama ini.

Alat lainnya, lanjutnya, adalah ram jack yang fungsinya bisa mengangkat objek hingga kekuatan di atas 20 ton. Alat ini sangat bermanfaat apabila ada laporan masyarakat terkena runtuhan gedung, atau bahkan tertindih mobil akibat kecelakaan.

Dirinya mengaskan, dalam menjalankan tugas menyelamatkan korban, pihaknya berprinsip jika korban di dalam masih hidup keluar juga harus tetap hidup. Sedangkan kalau korban ditemukan sudah tidak bernyawa, dikeluarkan harus dalam keadaan utuh.

“Tugas kami tidak hanya memberikan pelayanan kebakaran saja ke masyarakat. Namun juga dalam hal penyelamatan. Karena itu, traffic accident tools sangat berguna bagi kami," tutupnya.(JD06/ED02/EUD 02)

YOUR REACTION?