Flyer acara Lebaran Depok Tahun 2022. (Istimewa).

berita.depok.id- Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporyata) bersama Kumpulan Orang-Orang Depok (KOOD) akan menggelar Lebaran Depok Tahun 2022. Acara tersebut berlangsung selama tiga hari, mulai 03 hingga 05 Juni mendatang di Perumahan Shila At Sawangan.

Ketua Umum KOOD, Ahmad Dahlan mengatakan, setiap tahun Lebaran Kota Depok digelar pada akhir bulan Syawal. Acara tersebut diisi dengan pagelaran kebudayaan dan kebiasaan zaman dahulu masyarakat Kota Depok. 

"Lebaran Depok ini untuk menghidupkan kembali kebudayaan orang dahulu di Kota Depok yang tradisinya sudah mulai ditinggalkan di zaman sekarang," tuturnya kepada berita.depok.go.id, Kamis (02/06/22).

Menurut Baba H. Dahlan, sapaan akrabnya, untuk puncak Lebaran Depok akan berlangsung pada Minggu (05/06) dengan acara pawai antarkelurahan. Acara tersebut temanya haulan dan membawa rantangan yang berisi menu makanan kebiasaan orang Depok.

Kemudian, pada hari pertama (03/06) akan dilakukan pemotongan kerbau andil. Kerbau yang disembelih tersebut nantinya digunakan untuk persiapan lebaran.

"Lalu, untuk hari pertama juga akan ada acara lomba nganam ketupat, lomba numbuk uli, serta ada acara bedah buku," ucapnya.

“Sedangkan hari kedua pada Sabtu (04/06) ada pasar penghabisan melalui pameran UMKM yang menjual makanan tradisi Depok dan Betawi. Juga setiap harinya akan ada pementasan hiburan Gambang Kromo,” pungkasnya. (JD 02/ED 01/EUD02/EUD02)

YOUR REACTION?