Penyuluhan dalam gedung UPTD Puskesmas Sukatani terkait penyakit Kusta. (Istimewa)

berita.depok.go.id-Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Sukatani mengelar penyuluhan guna menyambut Hari Kusta Sedunia. Penyuluhan tersebut diberikan ke warga yang tengah menggunakan layanan kesehatan di puskesmas.

Kepala UPTD Puskesmas Sukatani, Rika Astiti mengatakan, dalam penyuluhan pihaknya menjelaskan seputar sejarah, ciri-cirinya dan cara penularan kusta. Melalui materi tersebut diharapkan warga dapat mendeteksi dini penyakit kusta.

“Jika masyarakat menemukan bercak putih atau merah, tidak gatal, tidak sakit dan tidak sembuh dengan obat kulit biasa dapat segera memeriksakan diri ke puskesmas,” katanya kepada berita.depok.go.id, Jumat (29/01/21).

Rika menjelaskan, umumnya pasien kusta ditahap awal tidak merasa terganggu terhadap bercak putih atau merah tersebut. Namun, jika tidak segera mendapatkan pengobatan pasien tersebut dapat menularkannya ke orang lain. 

“Bagi penderita harus mengkonsumsi obat secara teratur dan lengkap agar dapat sembuh tanpa kecacatan,” jelasnya.

Ia menambahkan, dengan mendeteksi dini kusta dapat mencegah penyebaran penyakit ini. Bahkan bisa mengantisipasi kecacatan.

“Masyarakat dapat memeriksakannya langsung ke puskesmas atau dapat berkonsultasi melalui nomor hotline puskesmas 081398104595,” pungkasnya. (JD 09/ED02/EUD02)

YOUR REACTION?