Ketua TP PKK Kota Depok, Elly Farida melakukan verifikasi lapangan Lomba Kesrak PKK-Bangga Kencana-Kesehatan tingkat Kota Depok tahun 2021 di Kelurahan Depok Jaya, Kemarin (30/09/21). (Foto: JD 04/Diskominfo)

berita.depok.go.id - Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kelurahan Depok Jaya berhasil masuk 3 besar Lomba Kesatuan Gerak (Kesrak) PKK - Bangga Kencana - Kesehatan Tahun 2021 tingkat Kota Depok. Selanjutnya, wilayah ini akan mengikuti verifikasi atau rechecking dari TP-PKK Kota Depok dan instansi terkait.

Ketua TP-PKK Kelurahan Depok Jaya, Murdianah mengatakan, lokasi fokus (lokus) yang diverifikasi berada di Kampung KB RW 09. Konteks penilaiannya meliputi  kesehatan, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), Lingkungan Bersih Sehat (LBS), serta Posyand.

"Kami selalu kolaborasi dengan Puskesmas, Pokja Sehat, dan pengurus Kampung KB untuk melaksanakan semua program," katanya kepada berita.depok.go.id, kemarin (30/09/21).

Murdianah menyebutkan, terdapat 10 program inovasi yang ditampilkan oleh Kader RW 09 dalam lomba tersebut. Antara lain Hostchating atau kunjungan ibu hamil dan balita untuk mencegah stunting, Solusi Cantik Posyandu Cempaka untuk Warga (Santika). 

Kemudian, Kreativitas Bercerita dan Berusaha  (Simbaka), Satu Rumah Satu Kader PHBS (Serum Kapas), Enam Waktu Penting Mencuci Tangan dengan Sabun dan Air Mengalir (Nambulir), Sapa Warga Covid-19 (Sapavid), Antar Sayur dan Buah kepada Lansia dan Balita (Ayusita).

"Ada juga Gamelan Dara Kereh atau Gerakan Menabung Minyak Jelantah Dapur Warga dan Kreativitas Eco Enzym, Sasantik yaitu Satu Rumah Satu Jumantik, dan terakhir Wareka atau Warung Kreatif Cempaka," jelasnya.

Di tempat yang sama, Sekretaris Kecamatan Pancoran Mas, Siti Hasanah mengaku optimis RW 09 Depok Jaya dapat menjadi yang terbaik dalam lomba tersebut. Dia pun berharap berbagai program yang ditampilkan dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

"Salah satu programnya fokus pada stunting, kami apresiasi kadernya semangat dan sering tracing ke rumah-rumah melihat perkembangan kasus. Alhamdulillah sejauh ini tidak ada stunting di RW 09 Depok Jaya," terangnya. (JD 05/ED 01/EUD02)

YOUR REACTION?