Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Depok saat menyerahkan peralatan pemulasaraan jenazah Covid-19 di Kecamatan Cimanggis. (Foto: istimewa)

berita.depok.go.id - Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kota Depok mendistribusikan sejumlah peralatan dan perlengkapan untuk tim pemulasaraan jenazah Covid-19 di setiap kecamatan. Adapun peralatan yang dikirimkan antara lain, peti jenazah, kantong jenazah, plastik cor, kain kafan, kapas, sarung tangan, masker, Alat Pelindung Diri (APD), cairan disinfektan, hand sanitizer dan masker.

Kepada Bidang Penanggulangan Bencana Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Depok, Denny Romulo Hutahuruk mengatakan, sejumlah peralatan dan perlengkapan tersebut dikirim dalam jumlah yang berbeda. Rinciannya, peti jenazah sebanyak lima buah, kantong jenazah 10 buah, dan plastik cor satu roll.

"Kemudian, kain kafan dan kapas 10 set, sarung tangan dan masker masing-masing dua box, APD 10 buah, cairan disinfektan lima galon dan hand sanitizer 2 galon. Masing-masing kecamatan mendapatkan peralatan dan perlengkapan full set, dalam artian sudah sangat lengkap," ujar  kepada berita.depok.go.id,  Rabu (28/07/21).

Dirinya menuturkan, saat ini permintaan pemulasaraan jenazah Covid-19 sudah menurun drastis dibandingkan minggu lalu. Bahkan, imbuhnya, di beberapa Kecamatan tidak ada sama sekali permintaan pemulasaraan.

"Artinya tingkat kematian menurun. Tentunya ini menjadi kabar yang sangat baik bagi kita semua," tuturnya.

Lebih lanjut, ucapnya, dalam mendistribusikan peralatan dan perlengkapan pemulasaraan, pihaknya dibantu oleh anggota dari Polres Metro Depok dan Kodim 0508/Depok. Pihaknya juga memberikan sosialisasi pentingnya melakukan pemulasaraan jenazah dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) dan Protokol Kesehatan (Protkes).

"Kemudian, kegiatan pemulasaraan jenazah tidak dipungut biaya apapun. Semua sudah difasilitasi dengan baik dan benar oleh pemerintah," tutupnya. (JD 10/ED 01/EUD02)

YOUR REACTION?