Foto: istimewa

Kabid Penanggulangan Becanda Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Depok, Denny Romulo (tengah) bersama tim berhasil mengevakuasi seekor buaya di Kali Pesanggrahan, Kelurahan Sawangan, Kecamatan Sawangan, Jumat (31/07/2020).

berita.depok.go.id - Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kota Depok berhasil mengevakuasi seekor buaya muara yang muncul secara tiba-tiba di Kali Pesanggrahan, Jalan Swadaya, RT 04, RW 06, Kelurahan Sawangan, Kecamatan Sawangan. Buaya tersebut diduga bukan milik warga atau penangkaran.

"Kami bersama tim langsung ke lokasi dan sudah dievakuasi supaya tidak ada korban serangan buaya," jelas Kepala Bidang Penanggulangan Bencana Dinas Damkar Kota Depok, Denny Romulo kepada berita.depok.go.id, Jumat (31/07/20).

Dikatakannya, buaya tersebut memiliki ukuran yang cukup besar. Dengan panjang tiga meter dan berat mencapai 60 kilogram.

"Masih alami, buayanya juga agresif bukan hasil peliharaan orang. Jenis kelaminnya jantan," kata Denny.

Sementara itu, salah satu warga setempat, Hadi (47) mengungkapkan, dirinya pertama kali melihat kemunculan seekor buaya di sekitar aliran Kali Pesanggrahan. Saat itu, imbuhnya,  buaya tersebut sedang berusaha naik ke permukaan daratan.

"Pas lagi main tiba-tiba liat ada buaya diem aja di darat enggak tahu lapar atau gimana. Kaget, kok ada buaya. Ini baru pertama kalinya kejadian penemuan buaya," ujarnya.

Hadi menambakan, guna mengantisipasi terjadinya hal tak diinginkan, dia langsung memanggil rekannya untuk menangkap buaya tersebut bersama-sama. Setelah berhasil ditangkap, dirinya langsung melaporkan kejadian itu ke Ketua RT dan Dinas Damkar Kota Depok.

"Saya bersama teman empat orang tangkap buaya pakai tali dan alat seadanya. Kemudian saya iket semua kaki sama mulutnya," pungkasnya. (JD 05/ED 01)

YOUR REACTION?