Camat Beji Anis Fatoni. (Istimewa)

berita.depok.go.id-Camat Beji, Anis Fatoni menginstruksikan para lurah, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), RT-RW di wilayahnya untuk memantau debit air Sungai Ciliwung. Terutama bagi semua elemen di Kelurahan Pondok Cina (Pocin) dan Kemiri Muka yang berada di dekat aliran sungai tersebut.

“Curah hujan sedang tinggi. Saya minta semuanya untuk meningkatkan kewaspadaan bagi yang wilayahnya memang dekat sungai. Jangan sampai bencana banjir di tahun 2020 terulang," tegasnya berita.depok.go.id, Senin (08/02/21).

Lanjut dia, aliran air Ciliwung yang sempat meluap ke pemukiman warga Pocin dan Kemiri Muka di dekat sungai pagi tadi sudah berangsur surut. Menurutnya, kondisi tersebut akan terus dipantau mengingat curah hujan yang masih tinggi. 

“Alhamdulillah luapan aliran air Ciliwung di Pocin dan Kemiri Muka yang memang wilayahnya dekat sungai sudah surut. Meski surut kami masih terus berkoordinasi dengan lurah dan unsur masyarakat setempat. Warga tetap harus memindahkan perabotan ke tempat yang lebih tinggi (aman). Kemudian menghindari bibir sungai,” jelasnya.

Ia menambahkan, warga harus terus aktif berkomunikasi dengan pejabat setempat di musim penghujan ini. Selain juga menghimpun secara swadaya bantuan bagi yang membutuhkan. 

“Warga harus menjauhi sumber listrik. Matikan listrik jika debit air tinggi. Kemudian waspada akan masuknya ular di dalam rumah. Segera hubungi 112 Emergency Call Pemerintah Kota (Pemkot) Depok untuk meminta pertolongan bantuan,” tutupnya. (JD03/ED02/EUD02)

YOUR REACTION?