Kepala Disnaker Kota Depok, Mohamad Thamrin saat memberikan sambutan pada Pembukaan Pelatihan Kerja Disnaker semester 1 Tahun 2022 di Aula Serbaguna, Lantai 10, Gedung Dibaleka II, Senin (14/03/2022). (Foto : JD04/ Diskominfo)

berita.depok.go.id - Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Depok terus berkomitmen dalam menurunkan angka pengangguran di Kota Depok. Salah satunya, dengan menciptakan pengusaha atau wiraswasta baru.

Kepala Disnaker Kota Depok, Mohamad Thamrin mengatakan, untuk mewujudkan hal tersebut, tahun ini pihaknya menggandeng Dinas Koperasi dan Usaha (DKUM). Pasalnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui DKUM memiliki program 5.000 wirausaha baru dan 1.000 wirausaha perempuan, sesuai dengan janji kampaye Wali Kota Depok, Mohammad Idris dan Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono.

"Berkaca dari pengalaman pada tahun sebelumnya, pasca pelatihan banyak alumni pelatihan yang tidak ingin bekerja di tempat orang, tapi mereka ingin bekerja mandiri atau berwirausaha. Hal ini perlu ditindaklanjuti dan diintervensi oleh pemerintah," tuturnya kepada berita.depok.go.id, Senin (14/03/22).

Dia menjelaskan, kolaborasi ini sangat tepat, sebab Disnaker memiliki alumni yang sudah mendapatkan kompetensi menjadi wirausaha di pelatihan kerja. Sedangkan, DKUM memiliki program 5.000 pengusaha baru, sehingga dengan kolaborasi ini kesulitan yang dihadapi para alumni pelatihan kerja dalam permodalan diharapkan dapat teratasi. 

"Jadi para alumni yang ingin berwirausaha kami serahkan ke DKUM agar bisa dibantu permodalannya," ujarnya.

"Kami juga berharap ada Corporate Social Responsibility (CSR), baik dari Bank Jawa Barat (BJB) ataupun perusahaan lain untuk membantu permodalan para almuni pelatihan kerja" tutupnya. (JD09/ED02/EUD02)

YOUR REACTION?