Camat Cilodong, Supomo saat menghadiri pelatihan pembuatan eco enzym di Aula Kantor Kecamatan Cilodong, Senin (24/01/22). (Foto: JD 04/Diskominfo)

berita.depok.go.id - Camat Cilodong, Supomo mengatakan, pihaknya akan berupaya agar tahun ini terbentuk sebanyak 69 bank sampah di wilayahnya. Hal ini sesuai dengan arahan Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono yang menginginkan masing-masing RW memiliki bank sampah.

Supomo menyebut, saat ini sudah ada sekitar 50 bank sampah di Kecamatan Cilodong. Namun, keberadaannya belum mewakili masing-masing RW.

"Ada satu RW dua atau tiga bank sampah, tapi kami akan mendukung tiap RW minimal terbentuk satu bank sampah," ucapnya kepada berita.depok.go.id usia menghadiri pelatihan pembuatan eco enzym di Aula Kantor Kecamatan Cilodong, Senin (24/01/22).

Dikatakannya, pihaknya sangat mendukung pembentukan bank sampah untuk menekan volume sampah yang masuk ke TPA Cipayung. Termasuk, mendorong masyarakat melakukan pemilahan sampah dari rumah.

Menurutnya, pembentukan bank sampah tidak semudah yang dibayangkan, perlu ada dukungan dari semua pihak untuk menciptakan lingkungan bebas sampah dan bersih. Oleh sebab itu, pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) 2023 pelaku bank sampah dan masyarakat diberi kesempatan untuk mengusulkan kebutuhan terkait pengolahan sampah.

"Pelatihan pemilahan sampah akan kami lakukan sampai ke tingkat RW, sehingga benar-benar kami mendorong masyarakat langsung turun aksi memilah sampah organik dan anorganik di rumahnya," jelas Supomo.

Supomo menuturkan, pemilahan sampah memiliki banyak manfaat bagi individu dan masyarakat. Salah satunya meningkatkan kesejahteraan keluarga.

"Mindset masyarakat harus diubah bahwa sampah bukan lagi musibah tapi berubah menjadi berkah jika dapat diolah dengan baik," pungkasnya. (JD 05/ED 01/EUD02)

YOUR REACTION?