Tenaga Kesehatan Puskesmas PGS Bersama Jejaring Kesehatan. (Foto: Istimewa)

berita.depok.go.id-Unit Pelaksana Fungsional (UPF) Puskesmas Pasir Gunung Selatan (PGS) menggandeng jejaring kesehatan yakni klinik bidan dan dokter praktik untuk mencegah kasus infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) dan Pneumonia. Sinergisitas yang dilakukan tersebut melalui optimalisasi pelaporan.

Kepala Puskesmas PGS, Sulaeman Iskandar menjelaskan, terkait kasus ISPA dan Pneumonia, jejaring kesehatan memiliki kewajiban untuk melaporkan pasiennya ke puskesmas setempat. Selanjutnya, dilakukan penanganan lebih lanjut agar kasusnya tidak meluas.

“Baik bidan maupun dokter praktik wajib melaporkan kepada kami terkait pasiennya. Terlebih, yang mengalami kasus ISPA maupun Pneumonia,” tuturnya kepada berita.depok.go.id, Selasa (21/01/20).

Dikatakan Sulaeman, laporan yang disampaikan oleh jejaring kesehatan tersebut nantinya dikumpulkan di puskesmas. Kemudian, data tersebut akan dilaporkan ke Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok.

Sulaeman berpesan kepada seluruh jejaring kesehatan di wilayah PGS untuk rutin memberikan laporan ke puskesmas. Agar kasus kesehatan masyarakat dapat terdeteksi, sehingga mendapatkan pertolongan dengan cepat dan tepat.

“Mari sama-sama bersinergi untuk Depok yang lebih sehat, salah satunya dengan pelaporan kesehatan masyarakat,” pungkasnya. (JD02/ED 02/EUD 02)

YOUR REACTION?