berita.depok.go.id-Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Harjamukti terus mensosialisasikan program Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dengan cara 3M Plus. Sosialisasi tersebut tersebut dimaksud sebagai upaya dalam memutus penyebaran penyakit Demam Berdasar Dengue (DBD).

“Tim promosi kesehatan kami terus melakukan sosialisasi, baik secara langsung maupun media sosial (medsos) untuk memberikan pemahaman terkait pencegahan DBD,” tutur Kepala UPTD Puskesmas Harjamukti, Eni Ernawati kepada berita.depok.go.id, Rabu(16/06/21).

Dikatakannya, sosialisasi secara langsung dilakukan melalui penyuluhan selama 10 menit sebelum pelayanan pasien di setiap kunjungan ke Puskesmas Harjamukti. Selain itu juga dilakukan melalui leaflet edukasi yang disampaikan melalui medsos Puskesmas Harjamukti.

Kemudian, ujarnya, juga dilakukan edukasi kepada masyarakat saat melakukan pemantauan jentik berkala (PJB). Masyarakat diingatkan untuk menerapkan PSN di tempat tinggal masing-masing, karena masih di masa pandemi Covid-19.

“Untuk mengurangi aktivitas kerumunan, masyarakat diingatkan agar menerapkan PSN dan 3M Plus untuk di rumah, tambahnya.

Untuk diketahui, penerapan 3MPlus dilakukan dengan menguras tempat yang sering dijadikan penampungan air, menutup rapat-rapat tempat penampungan air, dan memanfaatkan kembali. Atau mendaur ulang barang bekas yang memiliki potensi untuk jadi tempat perkembangbiakan nyamuk penular DBD. (JD02/ED02/EUD02)

YOUR REACTION?