Kepala UPTD Puskesmas Cinere, Rahmina Dewi. (Foto : Diskominfo)

berita.depok.go.id- Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Cinere mengajak warga untuk menjaga kebersihan lingkungan. Hal tersebut dilakukan guna mencegah penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

"DBD biasa terjadi pada saat musim yang tidak menentu seperti saat ini, yang mengakibatkan jentik nyamuk dapat berkembang pada tempat-tempat yang ada genangan air," ujar Kepala Puskesmas Cinere, Rahmina Dewi kepada berita.depok.go.id, Senin (20/06/22).

Dikatakannya, warga bisa melakukan kerja bakti membersihkan sampah-sampah yang menyumbat saluran air dan menyebabkan genangan. Selain itu warga juga diimbau untuk melakukan 3M Plus.

Yaitu Menguras tempat penampungan air, Menutup rapat tempat penampungan air, serta Mendaur ulang barang bekas yang menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk penular DBD.

"Kemudian, yang dimaksud dengan plus adalah segala bentuk pencegahan lainnya seperti menaburkan bubuk larvasida pada tempat penampungan air yang sulit dibersihkan," katanya.

Dirinya menuturkan, pihaknya juga sudah menerjunkan petugas ke rumah-rumah warga untuk melakukan Pemantauan Jentik Berkala (PJB) setiap hari Jumat. Sejauh ini, menurut laporan yang diterima olehnya, ada dua orang warga Cinere yang terjangkit DBD dan sudah mendapatkan perawatan di rumah sakit.

“Jika terdapat kasus DBD, warga bisa langsung melapor ke kader Jumantik atau melalui hotline Puskesmas 08111108427 agar bisa segera di tindak lanjuti dan diberikan perawatan. Sejauh ini yang berobat tidak ada indikasi DBD," tutupnya. (JD 10/ED 01/EUD02)

YOUR REACTION?