Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan, Enny Ekasari. (Foto: Istimewa)

berita.depok.go.id-Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok kini membuka pelayanan secara online. Langkah tersebut ditempuh sebagai upaya pencegahan dan penanganan penyebaran Covid-19 di Kota Depok.

"Pelayanan tatap muka sementara kami tutup dan beralih menggunakan layanan online melalui WhatsApp," jelas Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinkes Kota Depok, Enny Ekasari kepada berita.depok.go.id, Jumat (04/09/20). 

Dirinya menuturkan, layanan online tersebut di antaranya Surat Jaminan Pelayanan (SJP) Jaminan Kesehatan di luar kuota Penerima Bantuan Iuran (PBI) melalui nomor WhatsApp 0821-1495-1297. Kemudian, Perubahan Data Kepesertaan Kartu Indonesia Sehat (KIS) Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD), pendaftaran bayi baru lahir, penonaktifan KIS APBD, dan pengantar cetak KIS APBd melalui nomor WhatsApp 0821-1495-1296. 

Dikatakan Enny, pelayanan melalui whatsapp tersebut berlaku pada hari Senin sampai Jumat mulai pukul 07.00 WIB hingga 15.00 WIB. Lalu, sambungnya, dalam pelayanan ini akan dilakukan penyerahan berkas asli yang sudah lengkap. 

"Untuk pengambilan SJP datang sesuai pemberitahuan via WhatsApp," tuturnya. 

Meski demikian, dirinya menyatakan, masyarakat yang datang untuk pengambilan langsung ke tempat pelayanan publik Dinkes diimbau tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Terutama untuk menggunakan masker untuk mencegah penularan Covid-19. 

"Jangan lupa pakai masker, menjaga jarak, dan selalu mencuci tangan dengan sabun atau handsanitizer setelah memegang benda serta melakukan aktivitas," tandasnya. (JD02/ED02/EUD02)

YOUR REACTION?