Pemkot Depok melalui Dishub dab Dinkes membuat posko kesehatan di Terminal Kota Depok, Sabtu (07/03/2020). Selain pemeriksaan kesehatan, dilakukan juga sosialisasi terkait pencegahan Virus Corona kepada para penumpang commuter line dan bis bandara.  (Foto: Istimewa)

berita.depok.go.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui Dinas Perhubungan (Dishub) , Dinas Kesehatan (Dinkes), dan Dinas Sosial (Dinsos) hari ini mendirikan posko kesehatan di Terminal Depok. Posko ini dimaksudkan untuk mensosialisasikan kepada masyarakat mengenai pencegahan virus Corona (Covid-19).

Kepala Dishub Kota Depok, Dadang Wihana mengatakan, posko ini dibuka mulai pukul 07.00-17.00 wib. Sementara petugas medis yang disiagakan sebanyak tiga orang. Terdiri dari dua dokter dan satu petugas promosi kesehatan. 

"Kami sebagai bagian dari tim penanganan dan pencegahan virus Corona yang telah ditunjuk melalui Surat Keputusan Wali Kota Depok, bertugas untuk terus mensosialisasikan pencegahan virus tersebut. Kami pilih lokasinya di Terminal  Depok karena merupakan simpul pergerakan masyarakat yang paling banyak," kata Dadang saat ditemui di Terminal Depok, Sabtu (07/03/20).

Dia menyebutkan, di posko ini disediakan hand sanitizer, masker dan spanduk sosialisasi tentang pencegahan penyebaran virus Corona dan gerakan hidup sehat. Dengan begitu, diharapkan dapat meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai virus tersebut dan cara mencegahnya. 

"Melihat masyarakat yang begitu antusias, kami akan evaluasi terkait berapa lama posko ini ada di sini," jelas Dadang.

Dirinya menambahkan, kehadiran posko tersebut juga diharapkan dapat memberi ketenangan dan tidak menimbulkan kepanikan kepada para penumpang yg akan melakukan perjalanan. Hal tersebut terlihat dari jumlah penumpang di Terminal dan Stasiun Depok yang tidak mengalami penurunan. 

"Kami sudah cek langsung. Alhamdulillah, di dalam stasiun juga sudah ada posko kesehatannya, demikian pula di simpul transportasi lainnya. Sebagai contoh pihak Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) telah melakukan berbagai langkah untuk mencegah penyebaran virus Corona di Terminal Terpadu Jatijajar," ucapnya. 

Terakhir, dirinya juga meminta warga untuk tidak panik serta tetap meningkatkan kewaspadaan dan berdoa, agar kondisi seperti ini bisa cepat dipulihkan. (JD 05/ED 01/EUD 02)

YOUR REACTION?