Satgas DPUPR Kota Depok melakukan pengangkatan gulma dan sampah di sekitar area Situ Pengarengan, Sukmajaya untuk mencegah saluran outlet tersumbat, Kamis (07/10/21). (Foto: istimewa)

berita.depok.go.id- Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok rutin melakukan pembersihan gulma dan pengangkatan sedimen lumpur di Situ Pengarengan, Kecamatan Sukmajaya. Pembersihan dilakukan dengan dibantu alat berat berupa truxor.

“Kami lakukan pembersihan atau normalisasi rutin setiap hari. Karena khawatir sampah nyangkut di jaring dan berdampak pada saluran outlet yang tersumbat,” ujar Plt Kepala DPUPR Kota Depok, Citra Indah Yulianty, Selasa (12/10/21).

Dikatakannya, saluran outlet yang dimaksud adalah sodetan samping tol Cijago ke arah Kali Sugutamu. Pihaknya mengerahkan satu regu Satuan Tugas (Satgas) yang terdiri dari 10 personel untuk melakukan pembersihan.

“Alat berat akan digunakan sampai semua gulma terangkat. Perlu diketahui, gulma tumbuh lebih cepat sehingga diperlukan penanganan lebih serius,” ungkapnya.

Setelah diangkat, lanjutnya, gulma akan dibawa ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipayung. Satu unit truk juga sudah disediakan.

“Sementara kami fokus untuk mengangkat gulma. Setelah bersih, kita akan lakukan normalisasi secara keseluruhan,” pungkasnya. (JD 08/ED 01/EUD02)

YOUR REACTION?