Ilustrasi, Satgas DPUPR Kota Depok Satgas DPUPR Kota Depok melakukan pengangkatan sampah. (Foto: istimewa)

berita.depok.go.id- Upaya pencegahan banjir di Jalan Arif Rahman Hakim (ARH), dilakukan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok dengan membersihkan saluran Inlet Situ Pladen. Pembersihan melibatkan satu regu Satuan Tugas (Satgas) DPUPR.

“Kami turunkan satu regu Satgas yang terdiri dari empat orang untuk membersihkan saluran inlet. Pembersihan dilakukan dengan pengangkatan sampah yang kerap menyumbat saluran tersebut,” ujar Kepala DPUPR Kota Depok Citra Indah Yulianty, Selasa (07/12/21).

Dikatakannya, sampah yang ada di situ dapat mengakibatkan tersumbatnya saluran inlet yang berdampak pada aliran yang tidak sesuai jalurnya. Hal tersebut dikhawatirkan bisa menimbulkan luapan air.

“Sampah ini menjadi sumber utama  tersumbatnya saluran inlet yang harusnya mengalir ke kali maupun sebaliknya,” terangnya.

Citra mengimbau masyarakat agar tidak membuang sampah secara sembarangan. Pasalnya, kebiasaan ini bisa menjadi salah satu penyebab banjir saat hujan.

“Kami mengimbau warga untuk tidak membuang sampah ke kali maupun situ. Karena itu akan mengakibatkan tersumbatnya saluran air. Dampaknya, warga bisa kena banjir,” tutupnya. (JD 08/ED 01/EUD02)

YOUR REACTION?