Saat warga bersama Karang Taruna dan Kelompok Kerja Kelurahan Pangkalan Jati melakukan kerja bakti di RW 02 Kelurahan Pangkalan Jati, Minggu, (16/02/20).

berita.depok.go.id-Guna mengantisipasi bencana di musim penghujan, Kelurahan Pangkalan Jati bersama warga dan karang taruna (katar) rutin melakukan kerja bakti. Selain untuk mencegah terjadinya banjir, juga agar menekan menyebaran penyakit di musim penghujan.

"Akhir-akhir ini, curah hujan cukup tinggi disertai petir dan angin. Karena itu, kami antisipasi dengan melakukan kerja bakti, memangkas pohon besar dan membersihkan saluran air," tutur Lurah Pangkalan Jati, Tarmuji di kantornya, Selasa, (18/02/20).

Tarmuji mengatakan, pihaknya menjadwalkan kerja bakti keliling, dalam sebulan bergantian di satu RW. Sementara itu, kader PKK juga rutin melakukan pemantauan jentik nyamuk ke rumah warga.

"Selain melakukan pemantauan para kader juga membersihkan tempat penampungan air yang terdapat jentik nyamuk," katanya.

Dirinya berharap, masyarakat lebih peduli terhadap kebersihan lingkungan, khususnya lingkungan rumah mereka. Kemudian jika ditemukan gejala penyakit seperti Chikungunya atau Demam Berdarah Dengue (DBD), segera memeriksakan ke pusat kesehatan terdekat. (JD 09/ED02/EUD 02)

YOUR REACTION?