Ketua Umum KOOD, Ahmad Dahlan. (Foto: Istimewa)

berita.depok.go.id-Pemerintah Kota (Pemkot) Depok bersama Kumpulan Orang-Orang Depok (KOOD) akan menggelar acara Lebaran Depok Tahun 2021. Kegiatan tersebut akan berlangsung selama tiga hari, mulai tanggal 8 hingga 10 Juni mendatang di Rumah Budaya Rawa Denok, Kelurahan Rangkapan Jaya Baru, Kecamatan Pancoran Mas.

Ketua Umum KOOD, Ahmad Dahlan mengatakan, setiap tahun acara Lebaran Kota Depok digelar pada akhir Bulan Syawal. Kegiatan tersebut diisi dengan pagelaran kebudayaan dan kebiasaan zaman dahulu masyarakat Kota Depok. 

"Lebaran Depok ini untuk menghidupkan kembali kebudayaan orang dahulu di Kota Depok yang tradisinya sudah mulai ditinggalkan di zaman sekarang," tuturnya kepada berita.depok.go.id, Minggu (06/06/21). 

Menurut Baba H. Dahlan, sapaan akrabnya, untuk puncak Lebaran Depok akan berlangsung pada Kamis (10/06) dengan acara Nyorog ke Baba Wali Kota dan Cang Wakil Wali Kota di Balai Kota Depok. Saat puncak acara itu, KOOD bersama tokoh masyarakat akan membawa beberapa menu makanan kebiasaan orang Depok. Antara lain semur dan opor ayam kampung, sayur cabai, wajik, geplak, serta dodol khas Depok. 

Lanjut dia, pada hari Selasa (08/06) dan Rabu (09/06), masyarakat akan mempersiapkan pembuatan dodol khas Depok yang menggunakan kayu dan tungku dari bonggol pisang. Selain itu juga menyiapkan makanan lainnya untuk dibawa pada hari Kamis (10/06).

Terakhir, Baba H. Dahlan berpesan kepada semua masyarakat untuk bersama-sama menghidupkan kebiasaan tradisi zaman lampau. Terutama saat akhir bulan Syawal agar ikut memeriahkan Lebaran Depok. 

"Ayo sama-sama kita hidupkan kembali kebiasaan dan kebudayaan warga Depok zaman dahulu agar tetap dikenal oleh masyarakat,” tandasnya. (JD02/ED02/EUD02)

YOUR REACTION?