Camat Cimanggis Dody Setiawan bersama Istri Lilik Yuli Handayani memakai busana batik Kota Depok di atas catwalk acara Depok Fashion Festival (DeFF) tahun 2022. (Foto: JD04/Diskominfo)

berita.depok.go.id - Camat Cimanggis Dody Setiawan bersama Istri Lilik Yuli Handayani ikut memperkenalkan busana batik Kota Depok di atas catwalk acara Depok Fashion Festival (DeFF) tahun 2022, Minggu (03/06/22). Pada kesempatan tersebut, Camat Cimanggis, Dody bersama istri memakai batik Depok bermotif Gong Si Bolong dengan perpaduan warna merah, kuning, dan biru dongker. 

Menurut Dody, batik Depok yang dikenakan dirinya merupakan karya desainer yang merupakan warga Cimanggis. Tepatnya desainer fashion yang ada di Kelurahan Tugu, Siti Wahidah.

"Kami minta dibuatkan desain dan dijahitkan untuk acara DeFF agar masyarakat semakin tahu dan mengenal batik khas Depok khususnya buatan desainer Cimanggis, Ibu Siti Wahidah,” tutur Dody kepada berita.depok.go.id, Senin (04/07/22). 

Lebih lanjut, ujar Dodi, pihaknya ingin Kecamatan Cimanggis memiliki sejumlah motif khas yang bisa digunakan untuk batik Kota Depok. Saat ini, ucapnya, sudah ada motif Tari Topeng yang dipatenkan oleh Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Depok sebagai salah satu motif batik khas Kota Depok.

“Akan saya diskusikan kembali apa yang identik dengan Kecamatan Cimanggis. Sementara seni Topeng Cisalak akan terus kami kembangkan,” tuturnya.

Dody menegaskan, Kecamatan Cimanggis sangat berkomitmen untuk mendukung pengembangan seni budaya, sebagai bagian menumbuhkan kesenian tradisional di daerah. Termasuk mengakomodir para pelaku industri kecil menengah (IKM) di bidang fashion yang menampilkan batik Depok untuk produk-produknya.

"Tahun depan kami akan siapkan acara Cimanggis Fair yang isinya ada kegiatan bazar, seni budaya dan lain-lain. Kebetulan tahun ini tidak ada, mudah-mudahan di 2023 acara Cimanggis Fair akan kembali digelar," tutupnya. (JD02/ED02/EUD02)

YOUR REACTION?