Petugas Dishub dan Driver Armada bus JR Connexion rute GDC - Cempaka Mas. (Foto : Istimewa)

berita.depok.go.id- Dinas Perhubungan Kota Depok telah mengoperasikan Bus Jabodetabek Residence (JR) Connexion dengan rute Perumahan Grand Depok City (GDC)- ITC Cempaka Mas, Jakarta. Bus tersebut akan diberangkatkan setiap pukul 06.00 wib dan 06.15 wib.

Kepala Bidang Angkutan Dinas Perhubungan Kota Depok, Marbudiantono mengatakan, penyediaan Bus JR Connexion merupakan salah satu upaya agar moda share angkutan umum di Kota Depok bisa mencapai 30-40 persen. Sebagai tahap uji coba, trayek GDC – ITC Cempaka Mas diluncurkan dengan tarif promo sebesar Rp 15 ribu untuk sekali perjalanan.

“Bus JR Connexion hanya berhenti di tiga titik yakni di GDC, Halte Juanda, dan Pintu Tol Cijago. Kemudian langsung ke ITC Cempaka Mas dan akan kembali ke Depok pada pukul 17.00 wib dan 17.15 wib,” ucapnya kepada berita.depok.go.id, baru-baru ini.

Untuk sementara, ungkapnya, disediakan dua armada bus saja. Sebab,  pihaknya ingin melihat terlebih dahulu bagaimana animo masyarakat terdapat kehadiran moda transportasi tersebut.

“Bus ini sasarannya untuk warga di perumahan yang 80 persen melakukan aktivitas bekerja di Jakarta. Ke depan tidak menutup kemungkinan bus ini juga akan tersedia di perumahan wilayah timur maupun barat dengan berbagai trayek. Seperti di Kecamatan Sawangan,” ungkapnya.

Dirinya menambahkan, Bus JR Connexion merupakan hasil kerjasama antara Dishub Kota Depok dengan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) guna memberikan alternatif transportasi bus. Dengan harapan dapat mengurangi penggunaan kendaraan pribadi.

“Mudah-mudahan ini menjadi salah satu solusi warga Depok agar mau menggunakan tranportasi umum. Pantauan kami di hari pertama peluncuran masih sedikit sekali warga yang naik, tapi di hari kedua dan seterusnya terus bertambah,” tutupnya. (JD 03/ED 01/EUD 02)

YOUR REACTION?