Ketua TP-PKK Kota Depok, Elly Farida menjadi narasumber dalam Virtual Talk Show bertema Peran Penting Istri Wali Kota yang diadakan oleh Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) secara daring, Selasa (19/04/22). (Foto: JD 04/Diskominfo)

berita.depok.go.id - Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) menggelar virtual talk show bertema Peran Penting Istri Wali Kota. Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Depok, Elly Farida mendapat kesempatan menjadi salah satu narasumber dalam kegiatan tersebut.

Dalam kesempatan itu, Elly Farida bersama Istri Walik Kota Bogor dan Istri Wali Kota Semarang memaparkan inovasi di sektor kesehatan. Bunda Elly menjelaskan tentang program Depok Sukses Bebas Stunting Mewujudkan Kota Ramah Anak (D’Sunting Menara).

"Hari ini merupakan satu kesempatan sejarah baru dengan tampilnya srikandi dibalik wali kota dengan berbagai upaya yang dilakukan, kami memiliki peran dalam proses pembangunan," ujarnya dalam virtual talk show bertema Peran Penting Istri Wali Kota secara daring, Selasa (19/04/22).

Perempuan yang juga menjabat sebagai Ketua Forum Kota Depok Sehat (FKDS) ini menjelaskan, D'Sunting Menara mulai ditekuninya sejak November 2021. Program ini fokus menangani balita yang terindikasi stunting hingga sembuh kembali seperti sedia kala.

"Program D'Sunting Menara adalah kolaborasi antara PKK dengan stakeholder dan mitra pemerintah sebagai upaya untuk Zero New Stunting," jelasnya.

Bunda Elly menuturkan, pencegahan stunting merupakan salah satu program prioritas nasional. Oleh sebab itu, TP-PKK berupaya untuk mendukung pemerintah menyelesaikan masalah tersebut melalui D'Sunting Menara yang dilaksanakan di 11 kecamatan.

Terdapat lima program unggulan dalam inovasi D'Sunting Menara, yaitu Gerakan Cepat Cegah Stunting bersama Tutor Keluarga (Gercep Canting Surga) dan Kunjungi Keluarga Rawan dengan Tanda Kasih (Kawan Kasih). Kemudian, Dongeng Orang Tua agar Gemar Makanan Sehat Menghindari Stunting Anak Usia Dini (Dora Masa Kini), Masyarakat Depok Suka Makanan B2SA Cegah Stunting (Mpok Sukma Bawa Canting), serta Ojek Cantik Membawa Makanan Balita Stunting (Ocan Bananas).

"Melalui program ini kami berharap pengetahuan tentang bahaya stunting dipahami masyarakat, begitupun perubahan perilaku yang ada di masyarakat, juga apa yang harus diberikan para orang tua yaitu asupan sehat untuk ibu hamil, menyusui, dan balita," ujarnya.

Di acara yang sama, Ketua APEKSI, Bima Arya Sugiarto mengungkapkan, Istri Wali Kota memiliki peran penting dalam menentukan maju mundurnya suatu kota dan keberhasilan Wali Kota dalam memimpin kotanya. Istri Wali Kota yaitu Ketua TP-PKK saat ini memiliki kepiawaian dalam membangun kolaborasi dan sinergi dengan mitra pemerintah menyelesaikan isu-isu strategis.

"Virtual Talk Show ini tradisi baru APEKSI memberikan ruang berbagi kisah dalam menuangkan ide dan gagasan kreatif sesama istri wali kota, serta berbagi pengalaman praktik baik dan inovatif dalam menjalankan tugas sebagai istri wali kota di wilayah masing-masing," ucapnya. (JD 05/ED 01/EUD02)

YOUR REACTION?