Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Depok, Elly Farida. (Foto : Diskominfo)

berita.depok.go.id-Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Depok, Elly Farida mengajak para orang tua untuk mangawasi tumbuh kembang anak di masa pandemi Covid-19. Menurutnya, salah satu yang dapat membuat pertumbuahan anak baik ialah kedekatan dengan keluarga.

"Seharusnya di masa pandemi saat ini, tumbuh kembang anak harus didekatkan kepada keluarga. Anak dapat mengenal jauh tentang keluarganya, seperti mengenal asal suku keluarga atau makanan khas daerahnya," tutur Bunda Elly, sapaannya, kepada berita.depok.go.id, Selasa (18/08/20).

Dirinya mengatakan, nantinya anak-anak akan mengenal betul akan jati diri mereka, serta dapat mengasah potensi yang ada bersama keluarga. Selain itu, dia meminta para orang tua untuk selalu bersabar dan bersyukur.

"Kita harus bersyukur dengan berbagi karunia yang telah diberikan. Namun, kita juga harus bersabar dalam menghadapi ujian Covid-19 ini," katanya yang juga sebagai Bunda PAUD Kota Depok.

Di tempat berbeda, Ketua Komunitas Ruang Ilmu Bertumbuh Mandiri (Rimbun), Zubair menambahkan, para orang tua saat ini lebih fokus memikirkan permasalahan ekonomi, dan kurang memperhatikan tumbuh kembang anak. Padahal, sekarang ini para orang tua tetap dapat mengasah pontensi anaknya dengan hal-hal yang sederhana.

"Orang tua bisa mengajak anak memasak, menanam di pekarangan rumah. Banyak kegiatan lainnya yang bisa dilakukan bersama," terangnya.

Dirinya menjelaskan, nantinya tugas guru atau sekolah adalah menjadi sebuah jembatan dan acuan tentang pencapaian yang ingin dituju. Dengan demikian, kemampuan anak akan sangat terlihat dari sesuatu yang di pelajari lebih dekat dengannya.

"Agar anak-anak dapat mengenal jati diri dan bangsanya," tandasnya. (JD 09/ED02/EUD02)

YOUR REACTION?