Ketua TP PKK Kota Depok, Elly Farida. (Foto : Tangkapan Layar)

berita.depok.go.id - Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Depok, Elly Farida mengajak masyarakat muslim Kota Depok untuk memperbanyak tilawah di bulan Ramadan. Hal tersebut disampaikan pada program Sapa Bunda atau Setiap Pagi Berbagi Ilmu di Bulan Ramadan yang tayang dalam kanal youtube Bunda Elly Farida.

Dikatakan Bunda Elly,  pada bulan Ramadan sebaiknya memiliki target tilawah Alquran. Ini sesuai dengan yang dicontohkan dan diperintahkan Rasulullah agar memperbanyak membaca Alquran, karena Ramadan juga merupakan Syahrul Quran atau Bulan Alquran.

"Oleh karena itu, kita bisa melihat dibeberapa hadist, Rasulullah menganjurkan untuk kita dekat dengan Alquran," katanya di kanal youtube pribadinya, Selasa (05/04/22).

Di antara hadist yang menganjurkan membaca Alquran, ujar dia, salah satunya hadist riwayat Imam Bukhari dari Sahabat Usman Bin Affan Radhiyallahu anhu mengatakan dan Rasulullah bersabda, Khairukum man ta'allamal Qur'aana wa 'allamahu. Yang artinya, "Sebaik-baik kalian adalah orang yang belajar Al Qur’an dan mengajarkannya"

Dalam riwayat lain, juga dijelaskan Allah SWT akan memberikan dua pahala kepada orang yang membaca Alquran dengan kesulitan. Pahala pertama didapat karena membaca Alquran dan pahala kedua karena dalam kesulitan masih semangat membaca Alquran.

"Ini merupakan penghargaan yang diberikan Allah dan Rasulnya kepada orang yang semangat membaca Alquran walaupun terasa berat dan sulit. Semoga kita semua termasuk orang-orang yang mencintai, mau mempelajari Alquran dan mengamalkan isinya," tuturnya.

Dengan begitu, sambung dia, diharapkan semua mendapatkan keutamaan dari Allah SWT yang berlipat-lipat. Hal ini perlu direnungi bersama agar ibadah yang dilakukan lebih optimal di bulan Ramadan ini.

"Di bulan Ramadan perlu dioptimalkan komunikasi lewat surat-surat cinta yang Allah kirimkan, semakin kita baca akan semakin nikmat dan indah. Serta kualitas keimanan kita juga akan semakin bertambah," terangnya.

Terakhir Bunda Elly mengajak, warga Depok untuk bersama-sama menghidupkan Alquran di rumah bersama keluarga. Yang nantinya akan menjadi pemberat timbangan di Hari Akhir.

"Semoga Allah rahmati kami dengan Alquran. Dan Alquran kelak akan menjadi cahaya buat kita di dalam kubur dan menjadi syafaat di hari akhir," tutupnya. (JD09/ED02/EUD02)

YOUR REACTION?