Ketua TP PKK Kota Depok, Elly Farida saat kegiatan Halal Bi Halal dan Kajian Muslimah ASN Pemkot Depok, Jumat (21/05/21). (Foto: JD 05/Diskominfo).

berita.depok.go.id - Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Depok, Elly Farida mengajak Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok untuk mengambil hikmah dari Hari Raya Idulfitri 1442 H. Menurutnya, Idulfitri berasal dari kata Ya'udu yang berarti kembali yaitu kembali fitrah atau bersih, suci dari dosa, dan keburukan.

"Makna ini sangat mendalam. Kita diibaratkan kembali suci seperti saat dilahirkan, bersih suci, tidak ada cacat dosa jika sudah datang Idulfitri," ujarnya saat acara Halal bi Halal Kajian Keluarga ASN Pemkot secara virtual, kemarin, Jumat (21/05/21).

Dikatakannya, para ASN dapat mengambil hikmah dari momen Idulfitri. Pertama, Idulfitri mengajarkan semua untuk mengasah rasa syukur atas berbagai karunia Allah SWT.

Kedua, Idulfitri merupakan hari kemenangan dari hawa nafsu, yaitu nafsu Al Ammarah bi Suu' (suka menyuruh kepada keburukan), Lawwamah (menyesali diri), dan Muthmainnah (jiwa yang ikhlas, yakin, dan beriman). Dikatakannya, dengan menjalankan ibadah puasa Ramadan selama sebulan, umat muslim menjadi lebih baik.

"Yang ketiga Idulfitri mengembalikan diri pada fitrah, dan terakhir lebaran juga momen penyambung silaturahmi," jelasnya.

Dirinya berharap, para ASN di lingkungan Pemkot Depok menjadi pribadi yang lebih baik dan bertakwa kepada Allah SWT. Tidak hanya saat saat Ramadan, tapi juga dalam kehidupan sehari-hari. (JD 05/ED 01/EUD02)

YOUR REACTION?