Ilustrasi pemberian Vitamin A di Posyandu. (Foto: Istimewa)

berita.depok.go.id-Pemerintah Kota (Pemkot) Depok terus berupaya mewujudkan generasi yang sehat, salah satunya dengan pelaksanaan bulan vitamin A setiap bulan Februari dan Agustus. Dalam pelaksanaannya, sebanyak 146.119 anak usia 6 hingga 59 bulan di Kota Depok akan mendapatkan vitamin A.

“Februari ini bulan vitamin A, sasaran kami seluruh bayi, balita di Kota Depok dapat memeroleh vitamin A,” tutur Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Novarita kepada berita.depok.go.id, Jumat (14/02/20).

Dikatakan Novarita, pemberian vitamin A ini bertujuan untuk menjaga kesehatan mata dan juga kekebalan tubuh pada anak. Selain itu, anak yang cukup mendapatkan vitamin A akan lebih kebal apabila terkena diare, campak, atau penyakit infeksi lainnya.

Lebih lanjut, ucapnya, pemberian dosis vitamin A disesuaikan pada usia anak. Untuk usia enam hingga sebelas bulan diberikan Vitamin A dengan dosis 100.000 IU yang ditandai dengan warna biru. Sedangkan, usia satu hingga lima tahun diberikan dengan dosis 200.000 IU yang ditandai dengan warna merah.

"Ada dua jenis Vitamin A, dosisnya berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan usia anak," ujarnya.

Novarita menambahkan, pemberian Vitamin A dilakukan saat pelaksanaan Posyandu. Untuk jadwalnya sesuai dengan pelaksanaan Posyandu di masing-masing wilayah.

“Vitamin ini diberikan selama satu bulan penuh, pelaksanaannya tergantung jadwal Posyandu. Karena masing-masing wilayah berbeda,” pungkasnya. (JD02/ED02/EUD 02)

YOUR REACTION?