Pelaksanaan BIAN di salah satu Posyandu di Kota Depok. (Foto: Istimewa)

berita.depok.go.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Depok ikut mendukung pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN). Kegiatan tersebut dimulai pada 1 Agustus 2022 yang dilaksanakan serentak di Posyandu setiap kecamatan di Kota Depok.

“Hari ini serentak dimulainya Bulan Imunisasi Anak Nasional yang ditandai dengan pemberian imunisasi melalui Posyandu,” tutur Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Mary Liziawati kepada berita.depok.go.id, Senin (01/08/22).

Lebih lanjut, ujar Mary, untuk pelaksanaan BIAN diadakan bersamaan dengan  bulan penimbangan balita dan pemberian vitamin A pada Posyandu. Selanjutnya, pelaksanaan BIAN juga akan dilakukan melalui Puskesmas, bidan praktik mandiri, rumah sakit, PAUD dan TK. 

Sedangkan sasaran BIAN, ujar dia, anak usia 9 - 59 bulan pemberian imunisasi tambahan campak-rubella tanpa melihat status imunisasinya. Dan imunisasi kejar berupa pemberian satu atau lebih jenis imunisasi untuk melengkapi status imunisasi anak usia 12 hingga 59 bulan.

“Untuk imunisasi kejar ini harus dilengkapi imunisasi Polio dan DPR-HB-Hib yang terlewat,” tambahnya. 

Lewat pelaksanaan BIAN, dirinya berharap pemberian imunisasi dapat melindungi beberapa penyakit yang dapat dicegah. Yaitu Campak, Rubella, Difteri, Pertusis, Tetanus, Hepatitis B, dan Polio. Sejumlah penyakit tersebut sangat menular dan bisa menyebabkan kematian. 

“Ayo sehatkan keluarga, lewati pandemi dengan imunisasi lengkap,” pungkasnya. (JD02/ED02/EUD02)

YOUR REACTION?