Perwakilan RS berkinerja terbaik penilaian BPJS Kesehatan Depok. (Foto : JD03) 

berita.depok.go.id - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kota Depok memberikan penghargaan kepada sejumlah rumah sakit (RS) dan klinik utama terbaik di Kota Depok tahun 2021. Di antaranya RS Hermina Depok, Klinik Utama Rawat Inap (Kuri)  Anugerah, RS Bhakti Yudha,RS Jantung Diagram, RS Hasanah Graha Afiah dan RS Bhayangkara Brimob. 

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Depok Elisa Adam mengatakan, penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi dari BPJS Kesehatan Depok atas kerja sama para RS dan klinik utama dalam memastikan program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) berjalan dengan baik untuk warga Depok. Terdapat enam kategori dalam pemberian apresiasi, antara lain kategori kepatuhan terbaik untuk RS nominasinya RS Tugu Ibu, RSUD Depok dan  RS Hermina Depok. Dalam kategori ini dimenangkan oleh RS Hermina Depok. 

“Kategori kepatuhan terbaik untuk klinik utama nominasinya Klinik Utama Cimanggis Medika, Klinik Utama Primas Medika dan Kuri Anugerah. Adapun pemenangnya adalah Klinik Kuri Anugerah.

 Selanjutnya, kategori penyelesaian verifikasi pasca klaim terbaik nominasinya RS Hermina, RS Hasanah Graha Afiah dan RS Bhakti Yudha dalam kategori ini di menangkan RS Bhakti Yudha,” ucapnya kepada berita.depok.go.id Kamis (13/01/22).

Dikatakannya, untuk kategori kualitas klaim terbaik berisikan tiga nominasi yakni RS Simpangan dan RS Sentra Medika serta RS Jantung Diagram. Yang menjadi terbaik adalah RS Jantung Diagram. 

Kemudian, kategori survei pemahaman Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKTRL)  terbaik nominasinya RS Mitra Keluarga, Kuri Spesialis Mata SMEC Depok dan RS Hasanah Graha Afiah. Adapun yang menjadi pemenang adalah RS Hasanah Graha Afiah. 

“Kategori terakhir yakni persentase capaian Pelayanan Rujuk Balik (PRB)  terbaik dimenangkan oleh RS Brimob. Yang nominasinya RS Brimob, RS Graha Permata Ibu dan RS Simpangan,” katanya.  

Dirinya pun mengharapkan, para fasilitas kesehatan tersebut semakin termotivasi untuk memberikan pelayanan terbaiknya kepada peserta JKN-KIS. Sekaligus terus patuh dalam melaksanakan perjanjian kerja sama dan berupaya maksimal untuk mencapai target yang telah ditentukan. 

“Kami ingin terciptanya sinergisitas yang lebih baik lagi untuk berkolaborasi mengoptimalkan penyelenggaraan program JKN-KIS untuk warga Depok,” ujarnya. 

“Total peserta JKN- KIS per Desember 2021 sebanyak 1.642.510 jiwa atau 87 persen dari total warga Depok,” tutupnya. (JD03/ED02/EUD02)

YOUR REACTION?