Ketua Forum Kota Depok Sehat, Elly Farida saat memberikan sambutan dalam rapat kerja FKDS, di Aula Teratai, lantai 1, Balai Kota, Jumat (03/12/21). (Foto: JD 04/Diskominfo).

berita.depok.go.id - Ketua Forum Kota Depok Sehat (FKDS), Elly Farida menegaskan, untuk kembali meraih penghargaan Swasti Saba Wistara di 2023 mendatang perlu komitmen dan kemauan dari seluruh elemen masyarakat. Sebab, imbuhnya, mengubah sebuah kota menjadi Kota Sehat tidak lepas dari perubahan perilaku pada masyarakat.

"Untuk mengikuti penilaian Kota Sehat 2023 tentunya harus mempercepat capaian Open Defecation Free (ODF) minimal 80 persen, ini perlu melibatkan lintas sektor untuk mengintervensinya," ucapnya dalam Rapat Kerja (Raker) Kota Sehat, di Aula Teratai Balai Kota, Jumat (03/12/21).

Bunda Elly, sapaan akrabnya menuturkan, ODF merupakan salah satu poin penting yang harus dicapai Kota Depok. Dikatakannya,  ODF adalah kondisi ketika setiap individu dalam komunitas tidak buang air besar sembarangan.

“Pembuangan tinja yang memenuhi syarat sangat berpengaruh pada penyebaran penyakit berbasis lingkungan,” ujarnya.

Bunda Elly juga meminta, semua perangkat wilayah untuk meningkatkan kualitas kepengurusan mulai dari Kelompok Kerja (Pokja) Kelurahan Sehat sampai Forum Komunikasi Kecamatan Sehat (FKKS). Dirinya menilai sejak FKDS dibentuk hingga saat ini menunjukkan kualitas yang baik.

"Tugas-tugas yang dapat kita lakukan adalah pencatatan dan pelaporan atau rekonsiliasi data, penguatan kelompok kerja serta monitoring dan evaluasi (monev), sistem monev berkesinambungan, penguatan strategi advokasi, peningkatan upaya promosi, dan komitmen dukungan anggaran," jelasnya.

Di tempat yang sama, Wakil Ketua FKDS, Sukihananto mengungkapkan, rapat kerja tahun ini bertema sinergi pembangunan Kota Sehat menuju Swasti Saba Wistara yang komprehensif. Kegiatan ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan pihaknya bersama lintas sektor yang tergabung dalam tim pembina Kota Sehat.

"Kami ingin makna dari Kota Sehat itu dapat dirasakan oleh seluruh elemen masyarakat. Kami berharap 2023 dapat mengikuti penilaian Kota Sehat dengan menargetkan penghargaan Swasti Saba Wistara," ungkapnya. (JD 05/ED 01/EUD02)

YOUR REACTION?