Lurah Leuwinanggung, Sanan Hidayat.

berita.depok.go.id-Kelurahan Leuwinanggung menjadi salah satu dari tiga kelurahan yang masih nihil kasus Coronavirus Disease 2019 (Covid 19) di Kota Depok. Hal tersebut dapat terjadi karena warga disiplin menjalankan protokol kesehatan, dan masifnya sosialisasi dari pemerintah serta puskesmas setempat.

"Sejak Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tahap I, kami langsung menjalankan protokol kesehatan yang dianjurkan Dinas Kesehatan," tutur Lurah Lewinanggung, Sanan Hidayat kepada berita.depok.go.id di Kecamatan Tapos, Selasa (12/05/20).

Sanan mengatakan, pihaknya bersama warga juga membangun Kampung Siaga Covid 19 ditiap RW. Jika ada warga yang terindikasi terpapar Covid-19, maka warga tersebut akan melakukan isolasi mandiri, masyarakat sekitarnya akan membantu melalui lumbung pangan Kampung Siaga Covid-19.

"Saat ini, kami akan bagikan tiga spanduk ke tiap RW. Spanduk tersebut berisi pemberitahuan juga sebagai pengingat bagi warga untuk menjalankan physical distancing dan menghindari kerumunan," jelasnya.

Di tempat berbeda, Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Puskesmas Tapos, Trisna Setiawan, menuturkan, petugas lapangan puskesmas Covid-19 di Kelurahan Leuwinanggung, sangat aktif memberikan penyuluhan dan pendekatan kepada RT-RW. Salah satunya, dilakukan melalui giat karang taruna dalam menghadapi Covid-19.

"Pak Suherman selaku petugas lapangan puskemas Covid-19 di wilayah Kelurahan Leuwinanggung juga rutin memberikan advokasi kepada warga tentang perlunya tinggal di rumah. Jadi tetap menjaga jarak dan memakai masker bila ke luar rumah," pungkasnya. (JD 09/ED02/EUD02)

YOUR REACTION?