Webinar Haji Sehat, Haji Mabrur yang diselenggarakan oleh Satgas Covid-19, Dinas Kesehatan, Dinas Damkar dan Penyelamatan kota Depok, dan RS HGA melalui zoom, Sabtu (04/06/22). (Foto: tangkapan layar).

berita.depok.go.id- Kementerian Agama (Kemenag) Kota Depok memastikan, sebanyak 763 jemaah calon haji (Calhaj) asal Kota Depok segera diberangkatkan ke Tanah Suci pada tahun ini. Untuk itu, berbagai persiapan harus dilakukan mengingat Calhaj akan merasakan cuaca ekstrem selama melaksanakan ibadah haji.

“Ada beberapa hal yang harus dipersiapkan dan diperhatikan, seperti pembiasaan aktivitas di Tanah Suci dimulai dari tanah air. Kemudian, membiasakan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS),” ujar Dokter Spesialis Penyakit Dalam Rumah Sakit (RS) Hasanah Graha Afiah (HGA) Yuni Anisa dalam paparan melalui zoom meeting bekerja sama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes), Sabtu (04/06/22).

Lebih lanjut, persiapan lainnya yaitu membiasakan makan teratur dengan gizi seimbang, mengatur konsumsi cairan dengan minum lebih sering, termasuk saat mendekati waktu salat.

“Saat di pesawat supaya membawa dan mengonsumsi minuman. Jangan takut ke toilet, karena minum yang banyak itu penting untuk menghidrasi tubuh,” terangnya.

Dokter Yuni juga menjelaskan, Calhaj harus membiasakan terpapar panas matahari, namun tidak berlebihan. Serta, meningkatkan kebugaran dan menjaga kesehatan sebelum keberangkatan, dengan berolahraga.

“Pemeriksaan kesehatan rutin sebelum keberangkatan ke Tanah Suci juga perlu,” sambungnya.

“Saya berpesan kepada seluruh Calhaj untuk menghindari kopi, teh dan minuman bersoda. Kemudian, minum air putih minimal 200 ml (1 gelas) per jam. Terakhir, membatasi konsumsi makanan atau minuman yang banyak menghasilkan gas sebelum atau selama penerbangan, seperti sayur kol, ubi, durian, minuman bersoda, makanan berlemak tinggi dan pedas,” tutupnya. (JD 08/ED 01/EUD02)

YOUR REACTION?