Ketua Koperasi Syariah Bina Usaha Sejahtera (BUS), Edi Sasmita saat memberikan sambutan pada peresmian gedung baru Koperasi Syariah BUS di Kelurahan Cilangkap, Rabu (15/12/21). (Foto : JD04/Diskominfo).

berita.depok.go.id - Koperasi Syariah Bina Usaha Sejahtera (BUS) memiliki sejumlah produk simpanan dan pembiayaan yang menerapkan nilai-nilai Islam. Di antaranya, simpanan idulfitri, simpanan berjangka dan simpanan kurban.

Ketua Koperasi Syariah BUS, Edi Sasmita mengatakan ketiga produk tersebut merupakan produk yang paling diminati oleh masyarakat di koperasinya. Sebab, dapat menabung tanpa potongan.

"Untuk simpanan Idulfitri, anggota koperasi dapat menabung sebulan Rp 100.000 selama 12 bulan. Nanti menjelang Idulfitri tabungan itu dibagikan tanpa potongan dan kita kasih bonus sembako," tuturnya kepada berita.depok.go.id, di usai peresmian gedung baru Koperasi Syariah BUS, Rabu (15/12/21).

Dikatakan Edi, produk selanjutnya yang paling diminati yaitu simpanan berjangka, baik dari satu tahun hingga tiga tahun. Pembagian keuntungan dari prodak ini menerapkan sistem bagi hasil.

"Keuntungan dari simpanan ini bisa sampai 10 persen, namun tergantung dari keuntungan koperasi. Sebab, kita menggunakan sistem syariah, jadi bagi hasil," ungkapnya.

Kemudian, ada simpanan kurban bagi anggota yang mau merencanakan kurban dapat menabung Rp 200.000 per bulan. Selain itu, juga ada simpanan pendidikan dan lain sebagainya.

Sementara itu, Sekretaris Koperasi Syariah BUS, Sarta Dipa menambahkan selain produk-produk tersebut koperasi juga memiliki program sosial untuk anggota. Yaitu, santunan rawat inap dan santunan kematian.

Tak hanya itu, pihaknya juga kerap menggelar pasar murah bagi anggota koperasi. Khususnya, ketika harga sembako sedang naik.

"Kami sediakan beras, minyak goreng dan telur di pasar murah. Harganya kami subsidi sehingga lebih murah dari pasaran," pungkasnya. (JD09/ED02/EUD02)

YOUR REACTION?